25 July 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Seruan Irwandi Menyikapi Kekerasan Pilkada

...

  • PORTALSATU
  • 11 January 2017 14:30 WIB

Ahmad Dani. @Istimewa
Ahmad Dani. @Istimewa

BANDA ACEH – Calon Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyerukan semua pendukung kontestan pilkada 2017 menjauhi kekerasan. Ia berharap kekerasan di Trumon menjadi kasus terakhir.

“Jangan nodai pilkada halal,” kata Irwandi Yusuf melalui Koordinator Relawan Irwandi-Nova Regional Aceh Ahmad Dani dalam pernyataan diterima portalsatu.com, Rabu, 11 Januari 2017.

Ahmad Dani menjelaskan, berdasarkan pengalaman pilkada sebelumnya tim Irwandi banyak mengalami kekerasan, sehingga sejak awal tahun 2016, ia menyerukan pilkada halal kepada seluruh pendukungnya.

“Ada 10 hal yang dilarang Irwandi Yusuf kepada seluruh pendukungnya agar pilkada tahun ini berjalan dengan aman dan damai. Namun, kenyataan di lapangan berbicara lain. Keinginan kuat Irwandi Yusuf untuk berlangsung pilkada kali ini dengan damai, sering dinodai kejadian kekerasan yang menimpa timses kandidat nomor 6 ini,” ujar Dani.

Beberapa kali terjadi kekerasan selama musim pilkada 2017, kata Dani, awalnya dipicu persaingan ketat antara calon-calon yang maju di kabupaten/kota. Ketika terjadi kekerasan itu, kata dia, imbasnya juga menimpa tim atau pendukung cagub Aceh.

Dani mencontohkan, di Pidie terjadi persaingan ketat antara tim Sarjani dan Abusyik. Di Aceh Utara antara tim Fakhrurrazi dan Cekmad. Aceh Timur antara tim Nektu dengan Rocky. Persaingan ini, kata dia, hendaknya tidak berakibat kepada kekerasan fisik.

Alhamdulillah, (dari beberapa kali terjadi kekerasan) berakhir dengan baik dan damai,” ujar Dani. “Kepada timnya yang mendukung kandidat di kabupaten/kota, Irwandi berkali-kali berpesan agar menjauhi kekerasan,” kata dia lagi.

Namun, Dani menyatakan, juga perlu diingat bahwa hampir semua kekerasan itu terjadi, karena lambannya pihak penyelenggara dalam bertindak, khususnya pengawas pemilihan dan tim penegakan hukum terpadu.

Menurut Dani, terjadinya pemukulan yang kemudian berakibat kepada ekses sesudahnya di lapangan bisa diminimalisir kalau aparat kepolisian dan pihak-pihak lain bertindak dengan cepat.

“Walau demikian, apresiasi tinggi kita sampaikan kepada pihak kepolisian yang sejauh ini mampu untuk menangani dengan cepat berbagai kasus yang terjadi,” ujar Dani.

Dani berharap semua pihak khususnya pendukung kandidat lain agar mendukung seruan Irwandi Yusuf untuk mewujudkan pilkada halal. Ia menilai seruan ini akan menguntungkan semua pihak.

“Kita mesti ingat pepatah orang tua dahulu, ‘Miseu sulet keu pangkai, kanjai keu laba’. Kalau ditempuh cara yang buruk dan kekerasan, maka akan terpilih pemimpin yang buruk dan tercela. Pemimpin yang membuat malu orang ramai,” ujar Dani.[](rel)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.