01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Temuan Komisi V DPRA saat Kunker ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

...

  • Fakhrurrazi
  • 18 May 2020 23:58 WIB

Foto for portalsatu.com
Foto for portalsatu.com

BANDA ACEH - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melakukan kunjungan kerja ke beberapa rumah sakit rujukan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di pantai utara timur Aceh. Di sana para wakil rakyat tersebut menemukan beberapa kendala dan kekurangan di rumah sakit setempat.

Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani mengatakan, rumah sakit rujukan Covid-19 yang ditunjuk Pemerintah Aceh masih banyak kekurangan baik alat medis maupun fasilitas lainnya. Sehingga, pihaknya mendesak pemerintah segera memenuhi kekurangan tersebut.

"Kemudian rumah sakit rujukan, secara tempat untuk emergency sudah siap. Tapi perlu dibekali oleh provinsi tentang alat-alatnya seperti alat rapid test, Alat Pelindung Diri (APD) dan masker itu juga masih kurang," kata Falevi Kirani saat dikonfirmasi portalsatu.com, Senin, 18 Mei 2020.

Politikus Partai Nanggroe Aceh (PNA) ini juga meminta Pemerintah Aceh harus ada persiapan menjelang mudik Idulfitri 1441 H atau Lebaran 2020 secara detail, bagaimana skemanya sehingga waktu melonjak mudik kemudian ada yang terjangkit positif dalam mudik itu kemudian orang itu tidak panik.

"Kemudian kita harapkan juga rumah sakit Aceh Tamiang juga dimasukkan ke dalam rumah sakit rujukan Covid-19, jangan hanya Langsa aja. Tapi yang terpentingkan penanganan pertama itu di Aceh Tamiang," ujarnya.

Untuk itu, Falevi mengharapkan Plt. Gubernur Aceh agar segera menginstruksikan dinas terkait untuk penanganan lebih lanjut tentang beberapa rumah sakit rujukan virus corona yang masih kekurangan peralatan medis dan mendirikan posko pemeriksaaan di perbatasan Aceh-Sumut.

"Semoga hati Pak Plt. Gubernur terketuk untuk segera memerintahkan Dinas Perhubungan, Dinkes, dan rumah sakit untuk segera berkoordinasi dengan Pemkab Aceh Tamiang untuk segera dalam dua hari ini sudah berdiri posko itu di perbatasan Aceh-Sumut," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.