28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Tuntutan Buruh Pidie Kepada Pemerintah Aceh saat Demo Tolak Omnibus Law di DPRK

...

  • ZAMAH SARI
  • 15 October 2020 22:25 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Para buruh di Kabupaten Pidie mendesak Pemerintah Aceh menggunakan peraturan kekhususan Aceh untuk mengatur cipta kerja sendiri. Aceh harus tegas menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law yang disahkan DPR RI beberapa pekan lalu.

Hal ini disampaikan Syarifuddin, Ketua Unit Bidang Elektronik Elektrik Outsersing Kabupaten Pidie yang bernaung di bawah KSPI Pidie, dalam orasinya saat melakukan demo penolakan UU Omnibus Law, Kamis 15 Oktober 2020, di Kantor DPRK Pidie.

"Kami mendesak Pemerintah Aceh melalui DPRK Pidie untuk membahas dan menggunakan undang-undang sendiri (UUPA dan Qanun turunannya) sebagai daerah keistimewaan. Tidak ada alasan menggunakan UU Omnibus Law, jika kita punya UU khusus," ungkap Syarifuddin dalam orasinya.

Menurut dia, ada sejumlah peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait ketenagakerjaan, namun khusus di Aceh terdapat Qanun No.7 Tahun 2014 tentang ketenagakerjaan yang mengatur hal tersebut. "Qanun ini adalah produk hukum Pemerintah Aceh yang harus diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Provinsi Aceh".

"Jadi sudah seharusnya Pemerintah Aceh dan kabupaten untuk menjalankan aturan sehingga tidak terpengaruh dengan UU Omnibus Law," imbuhnya.

Syarifuddin memaparkan setiap perusahaan yang masuk di Aceh tentunya harus berpedoman dengan Qanun dimaksud. Sama seperti perusahan perbankan yang beroperasi di Aceh sesuai syariah. "Begitu juga halnya dengan perusahaan yang beroperasi di Aceh, Pemerintah Aceh harus memberlakukan UU khusus," ujarnya.

Seperti diketahui para buruh Pidie bersama mahasiswa Pidie menggelar aksi demo tolak Omnibus Law di Kantor DPRK Pidie, Kamis, 15 Oktober 2020.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.