19 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Inilah Kekuatan Raksasa Militer China

...

  • MERDEKA
  • 24 December 2018 22:00 WIB

Latihan militer China. Foto: REUTERS
Latihan militer China. Foto: REUTERS

Militer China, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) sangat kuat di dunia. Mereka terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Roket, dan Angkatan Dukungan Strategis. PLA merupakan militer terkuat ke-3 di dunia dan salah satu kekuatan militer yang modernisasinya tercepat di dunia.

China memiliki senjata canggih dan modern. Bahkan jumlahnya banyak. Apalagi jumlah personelnya, mencapai jutaan.

Dikutip dari Global Fire Power, inilah kekuatan militer China yang tak bisa diremehkan:

Pasukan 2.693.000 orang

Militer China memiliki pasukan sebanyak 2.693.000 Orang. Personel itu dari berbagai angkatan.

Di China juga dilakukan wajib militer. Hal itu berdasarkan undang-undang bagi warga negara berusia 18 sampai 22 tahun. Mereka diwajibkan menjalani satu bulan pelatihan di dinas militer.

Jumlah senjata militer

Militer China juga memiliki banyak senjata canggih. Ada pesawat terbang untuk kebutuhan militer sebanyak 3.035, pesawat tempur sebanyak 1.125, tank tempur sebanyak 7.716, kapal tempur dan angkutan sebanyak 714, dan sekarnag sedang mengembangkan kapal induk buatan dalam negeri.

Sementara jet tempur China punya WS-15. Jet itu memiliki mesin turbo dengan kemampuan menjangkau kecepatan supersonik. Lalu pesawat hipersonik 'Starry Sky-2', pesawat canggih yang bisa menembus pertahanan negara sekuat apapun itu. Pesawat ini juga mampu menbawa rudal nuklir dan kecepatannya enam kali kecepatan suara (Mach).

Anggaran militer sangat besar

Militer China membutuhkan dana sangat banyak untuk keperluan personel serta senjata. Tahun 2018, militer China sudah menghabiskan USD 174,6 miliar untuk berbagai keperluan, seperti memodernisasi program militer.

Dari tahun ke tahun, anggaran militer di China naik signifikan.

Kapal selam canggih

Angkatan Laut China telah mengembangkan kapal selam rudal balistik Tipe 094. Kapal selam ini mampu membawa 12 peluru balistik JL-2 yang lebih panjang. China juga mengembangkan kapal selam Tipe 096 yang lebih canggih, yang mampu membawa hingga 24 peluru balistik JL-3.

Pemerintah China juga akan menambah pasukan militernya untuk pengembangan penangkalan serangan nuklir dari luar. Program ini sudah dimulai pada Desember 2015.

Senjata nuklir

Militer China juga punya senjata nuklir sangat banyak, tak kalah dengan militer Amerika Serikat maupun Rusia. Menurut perkiraan International Institute of Strategic Studies Military Balance 2010, China memiliki 90 rudal balistik antar benua (66 ICBM di darat dan 24 JLBM berbasis 2 kapal selam).

Tahun 2018, menurut laporan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, militer China sudah memiliki 280 hulu ledak nuklir. Angka itu terbilang cukup banyak dalam sebuah pertahanan negara.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta.[]Sumber: merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.