07 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jalur Tangse Longsor, Puluhan Kendaraan Sempat Tertahan

...

  • ZAMAH SARI
  • 04 June 2020 17:50 WIB

Warga pengguna jalan tertahan longsor di jalur Beureunuen - Tangse. Foto: istimewa
Warga pengguna jalan tertahan longsor di jalur Beureunuen - Tangse. Foto: istimewa

SIGLI - Hujan deras melanda kawasan Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Kamis, 4 Juni 2020, menyebabkan longsor di ruas jalan Beureunuen - Tangse, tepatnya Kilometer 20 Dusun Mampree Geunie, Gampong Lhok Keutapang, sekira pukul 13:10 WIB. 

Akibat material lonsor menutup badan jalan, membuat pengedara kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi. Puluhan kendaraan baik dari arah Beureunuen menuju Tangse maupun sebaliknya sempat tertahan beberapa saat.  

Setelah ditangani dengan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang disiagakan di kawasan tersebut, material longsor yang menutup badan jalan berhasil dibersihkan, jalur itu pun kembali lancar. 

Menurut keterangan Umar, salah seorang warga yang melintasi jalan tersebut, mereka sempat antre karena tidak bisa lewat lantaran jalan tertutup material longsor. 



Camat Tangse,  Muhammad Irfan Islami, ketika dikonfirmasi portalsatu.com, Kamis, 4 Juni 2020, membenarkan ada jalan tertutup longsor di kawasan jalan Tangse,  tepatnya di Mampree Geunie, namun hanya sebentar saja. Setelah dibersihkan alat berat PU, jalur itu kembali lancar.

"Benar, tapi hanya beberapa saat, pukul 16:00 selesai dipindahkan alat berat PU yang standby di lokasi.  Alhamdulillah, sudah lancar kembali," ujarnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Dewan Ansari mengakui jalur lintasan Beureunuen - Tangse hingga ke Geumpang ada beberapa titik yang rawan longsor saat musim hujan. Dia meminta pengguna kendaraan berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

Terkait longsor yang terjadi siang tadi, menurut Dewan Ansari,  sudah dibersihkan dengan alat berat dan saat ini kembali lancar. "Selama ini di kawasan rawan longsor, PU menyiagakan alat berat di lokasi, sehingga cepat dilakukan pembersihan. Kita selalu koordinasi dengan pihak terkait dalam antisipasi longsor," pungkas Dewan Ansari.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.