30 May 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jepang Beri Bantuan Tunai Rp 45 Juta Per Keluarga Terdampak Pandemi Corona

...

  • MERDEKA
  • 03 April 2020 22:00 WIB

Reiwa. @AFP PHOTO/Kazuhiro NOGI
Reiwa. @AFP PHOTO/Kazuhiro NOGI

Berbagai negara kini mulai membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warganya selama pandemi virus corona. Di Jepang Perdana Menteri Shinzo Abe sepakat memberi bantuan uang kepada keluarga yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi ini.

Rencananya, pemerintahan PM Abe akan memberikan 300 ribu yen (Rp 45 juta) ke sekitar 10 juta keluarga di Jepang. Program ini adalah bagian penting dari stimulus Jepang melawan corona, demikian laporan Kyodo, Jumat (3/4).

BLT dari Jepang ini berbeda konsep dengan Amerika Serikat yang membatasi pemberian BLT dengan cara melihat penghasilan warga, pemerintah Jepang berkata tak akan melakukan hal demikian.

"Jika kita melakukan pembatasan penghasilan, maka kita harus melihat penghasilan masing-masing individu yang akan memakan waktu lama," ujar Yasutoshi Nishimura, menteri urusan ekonomi dan kebijakan fiskal.

Pemerintah Jepang nantinya akan menyusun siapa saja yang berhak mendapatkan BLT. Akan ada pula proses cara meminta BLT ke pemerintah lokal.

Namun, PNS, politisi, dan pemimpin korporat tidak akan mendapat BLT ini. Sementara, operator UKM Jepang yang pendapatannya berkurang juga bisa mendapatkan BLT.

Total anggaran Jepang untuk melawan pandemi covid-19 ini akan lebih besar daripada anggaran ketika ada krisis finansial 2008.

PM Abe melalui Partai Demokrat Liberal meminta anggaran hingga 60 triliun yen (Rp 9.159 triliun).

Program ini berasal dari anggaran tambahan APBN Jepang tahun ini. Pemerintah berharap anggaran tambahan ini akan lolos di parlemen sebelum liburan Golden Week pada awal Mei.[]Sumber: Liputan6.com/merdeka

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.