23 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jokowi Batal Resmikan KEK Arun Akhir 2017, Ini Sebabnya

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 03 January 2018 21:00 WIB

KEK Arun @Kanal Aceh
KEK Arun @Kanal Aceh

LHOKSEUMAWE -- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) semula direncanakan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe pada pekan ketiga Desember 2017. Namun, batal dilakukan karena masih terdapat sejumlah persoalan di lapangan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Lhokseumawe, Amiruddin, saat dihubungi portalsatu.com, Rabu, 3 Januari 2018, menjelaskan, untuk sementara peresmian KEK Arun oleh Presiden ditunda, kemungkinan pada April sampai Juni 2018.

"Ada beberapa kendala, antara lain belum ada investor yang masuk, jadi tidak tahu objek apa yang akan diresmikan. Selain itu ada masalah lahan yang jadi lokasi KEK masih dikuasai Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)," kata Amiruddin.

Menurut Amiruddin, 1.800 hektare lahan untuk area KEK Arun yang masuk wilayah Kota Lhokseumawe termasuk eks-PT Arun NGL dan  PT Perta Arun Gas masih dikuasai lembaga di bawah Kementerian Keuangan itu. Hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi PT Patriot Nusantara Aceh selaku pengelola KEK Arun untuk mengundang investor.

Malah, kata Amiruddin, lahan yang dipakai oleh Perta Arun Gas (PAG) saat ini masih berstatus disewakan oleh LMAN kepada anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas) tersebut.

"Bila saat ini ada investor yang ingin masuk di area KEK ya harus melalui LMAN, karena masih dikuasai oleh lembaga itu. Kita dari Pemko dan pihak lain yang terlibat di KEK ini sudah beberapa kali menemui pihak LMAN dan membicarakan masalah ini, hasilnya LMAN masih enggan menyerahkan aset tersebut," sebut Amiruddin.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya di Pusat agar persoalan penguasaan aset itu diselesaikan dalam waktu dekat. Harapannya pada April sampai Juni mendatang, KEK sudah diresmikan.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.