23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jumlah Umat Muslim Naik Pesat, Masjid di Selandia Baru Jadi Sesak

...

  • OKEZONE
  • 11 September 2019 12:30 WIB

Muslim Selandia Baru saat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri di Kota Hamilton. @indiannewslink.co.nz
Muslim Selandia Baru saat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri di Kota Hamilton. @indiannewslink.co.nz

Umat muslim di Selandia Baru jumlahnya terus meningkat. Apalagi setelah serangan teror di dua masjid di Selandia Baru pada 15 Maret 2019 lalu.

Masjid di Palmerston North Cook St, Selandia Baru saat ini sudah penuh sesak untuk menampung umat muslim yang beribadah. Apalagi jumlah umat muslim terus tumbuh.

Masjid di Palmerston North Cook St selama ini menjadi satu-satunya masjid yang tersisa dan tidak cukup untuk mengakomodasi banyaknya umat muslim terutama pada saat salat Idul Fitri. Lebih dari 1.500 jamaah membanjiri masjid sehingga ruangan-ruangan yang ada tidak dapat menampung semua jamaah.

Saat ini pengurus masjid sedang mempertimbangkan antara memperbaiki masjid yang rusak atau membangun sebuah bangunan baru yang lebih luas dan dapat menampung lebih banyak jamaah.

"Kami membutuhkan lebih banyak ruang di masjid. Sebab saat salat Jumat tiba, kami kesulitan. Sebanyak 320 jamaah hadir, masjidnya jadi sangat sesak, ” ujar Presiden Asosiasi Muslim Manawatu, Riyaz Rehman.

Seperti dilansir About Islam, beberapa waktu lalu, populasi umat muslim di Selandia Baru ada sekitar 1 persen dari total populasi.

Sejumlah kecil imigran muslim dari Asia Selatan dan Eropa Timur menetap di Selandia Baru dari awal 1900-an hingga 1960-an.

Imigrasi muslim skala besar dimulai pada 1970-an dengan kedatangan orang-orang Indian Fiji, diikuti pada 1990-an oleh para pengungsi dari berbagai negara yang dilanda perang.

Islamic Center pertama dibuka pada tahun 1959 dan sekarang sudah ada beberapa masjid dan dua sekolah Islam. Ini sangat minim.

Jumlah masjid masih kurang hingga saat ini guna menampung para jamaah. Makanya dibutuhkan pembangunan baru.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.