26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jurnalis Aceh Doa Bersama untuk Korban Gempa-Tsunami Sulteng, Aminullah Ikut Partisipasi

...

  • Fazil
  • 15 October 2018 08:00 WIB

@Fazil/portalsatu.com
@Fazil/portalsatu.com

BANDA ACEH - Ratusan jurnalis Aceh tergabung dalam sejumlah organisasi kewartawanan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh, menggelar doa bersama untuk korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah, di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Banda Aceh, Minggu, 14 Oktober 2018, malam.

Doa bersama itu dipimpin Ustaz Masrul Aidi (pendakwah), dihadiri Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, Ketua KPI Aceh Muhammad Hamzah, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Nurmiati AR., RAPI, ACT serta sejumlah lembaga atau komunitas lainnya.

Sebelum zikir dan doa bersama dimulai, dilakukan pemutaran film dokumenter saat Kota Palu, Donggala dan sekitarnya diguncang gempa disusul tsunami. Kemudian, dilanjutkan dengan tausiah singkat oleh Ustaz Masrul Aidi, yang diakhir dengan doa bersama.

Dalam kesempatan itu, para jurnalis turut mengumpulkan donasi dari majelis zikir yang berhadir untuk korban bencana di Sulawesi Tengah, serta pengelelangan foto pelukan Jokowi-Prabowo milik Chaideer Mahyuddin, fotografer AFP. Foto itu akhirnya diambil oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, dengan nilai Rp3 juta untuk disalurkan kepada korban gempa dan tsunami tersebut.

Aminullah Usman mengatakan, pihaknya mengapresiasi para jurnalis dari sejumlah organisasi kewartawanan khususnya di Kota Banda Aceh yang telah mengadakan serangkaian kegiatan solidaritas tersebut. Kata dia, ini bentuk kepedulian bersama untuk warga yang sedang ditimpa musibah di Sulteng, yang sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak baik berupa materil maupun doa dari masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sejauh ini Pemerintah Kota Banda Aceh, lanjut Aminullah, donasi yang terkumpulkan dari berbagai kalangan di pemerintah setempat, yang dibuka melalui rekening khusus untuk membantu Kota Palu dan Donggala sudah mencapai lebih Rp500 juta.

“Dana itu nantinya saya yang akan menyerahkan langsung kepada masyarakat di Palu dan Donggala, direncanakan dalam bulan Oktober 2018. Akan tetapi donasi ini terus kita galang sampai terkumpul lebih banyak lagi, kita juga mengajak seluruh masyarakat Kota Banda Aceh untuk bersama-sama membantu mereka sebagaimana yang pernah kita mengalami hal yang sama pada tsunami 2004 silam,” kata Aminullah Usman kepada para wartawan usai doa bersama tersebut.

Menurut Aminullah, doa bersama yang dilakukan para jurnalis ini merupakan salah satu wujud kebersamaan serta sebagai bentuk kepedulian. Ketika ditimpa musibah seperti ini tentu semua orang membutuhkan bantuan baik berupa dana maupun doa, tentu hal tersebut sangat bermanfaat.

“Mudah-mudahan amal yang kita lakukan ini akan mendapatkan balasan dari Allah SWT, dan semoga saudara-saudara kita di sana akan segera dapat beraktivitas secara normal seperti biasanya pascamusibah gempa dan tsunami beberapa waktu lalu,” ungkap Aminullah.

Ketua panitia, Misdarul Ihsan, menyebutkan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin berpartisipasi dan sekaligus menyalurkan sedikit donasi atau bantuan untuk warga di Sulteng. Donasi yang terkumpulkan dalam serangkaian kegiatan itu senilai Rp10 juta.

“Itu didapatkan dari hasil pelelangan foto milik Chaideer Mahyuddin Rp3 juta, dan sisanya hasil dari penggalangan dana saat kegiatan itu berlangsung serta penambahaan dana dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah. Itu semuanya sudah kita serahkan kepada ACT untuk disalurkan ke Palu dan Donggala, kita berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat di sana,” ujar Misdarul Ihsan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.