20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kapolri Ganti Wakapolda Aceh dan Kapolresta Banda Aceh

...

  • portalsatu.com
  • 05 January 2018 19:56 WIB

BANDA ACEH - Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menerbitkan surat telegram rahasia terkait mutasi perwira Polri, termasuk jabatan Wakapolda Aceh hingga Kapolresta Banda Aceh. Hal ini diketahui setelah menyebarnya telegram bersifat rahasia, nomor ST/16/ I/2018 tertanggal 5 Januari 2018.

Dalam surat tersebut menyebutkan Brigjen Pol Drs Supriyanto Tarah, MM, Pati Mabes Polri penugasan pada Kemenkopolhukam sebagai Kabid Penanganan Kejahatan Kekayaan Negara diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Aceh. Sementara Brigjen Pol Drs Bambang Soetjahyo, MSi, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Aceh dipromosikan untuk menggantikan posisi Supriyanto Tarah di Kemenkopolhukam sebagai Kabid Penanganan Kejahatan Kekayaan Negara.

Selain Wakapolda Aceh, Kapolri juga turut menggeser jabatan Kapolresta Banda Aceh dari Kombes Pol T Saladin, SH, kepada AKBP Trisno Riyanto. Sementara Kombes Pol T Saladin dipromosikan untuk menggantikan Kombes Pol Drs Marisan sebagai Kabid TIK Polda Aceh. Kombes Pol Drs Marisan sendiri dimutasikan sebagai Pamen Polda Aceh dalam rangka memasuki masa pensiun.

Dalam telegram tersebut juga menyebutkan AKBP Trisno Riyanto, sosok yang bakal menggantikan Kombes Pol T Saladin sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binkaar ROSDM Polda Aceh.

Belum diketahui penyebab pasti kenapa Kapolri Jendral Tito Karnavian melakukan mutasi sejumlah pejabat tinggi di jajarannya. Hingga berita ini ditayangkan, portalsatu.com masih mencoba mengonfirmasi keterangan resmi dari Mapolda Aceh.

Merujuk berita kompas.com, Jumat, 5 Januari 2018, mutasi ini dilakukan karena terdapat sejumlah nama perwira Polri yang akan mencalonkan diri dalam pilkada serentak tahun ini.

Mereka adalah Irjen Safaruddin untuk Pilkada Kalimantan Timur, Irjen Anton Charliyan untuk Pilkada Jawa Barat, dan Irjen Murad Ismail untuk Pilkada Maluku.

Dalam telegram lain, ada juga nama AKBP Marselis Sarimin yang mengikuti Pilkada Manggarai Timur.

"Untuk menindaklanjuti beberapa perwira Polri yang turun dalam kontestasi Pilkada 2018 ini," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Muhammad Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2018) seperti dilansir kompas.com.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.