31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kasus Pembunuhan Ulee Madon: Terdakwa Dituntut Hukuman Mati

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 11 November 2019 23:30 WIB

Sumber foto: www.pn-lhoksukon.go.id
Sumber foto: www.pn-lhoksukon.go.id

LHOKSUKON - Aidil Ginting (40), terdakwa kasus pembunuhan terhadap istri dan dua anak tirinya di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, 7 Mei 2019 lalu, dituntut dengan hukuman mati dalam persidangan di Pengadilan Negeri Lhoksukon, Senin, 11 November 2019. 

Tuntutan terhadap pria asal Desa Sugiharjo Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Harri Citra Kesuma, S.H.

Sidang dipimpin Hakim Ketua T. Latiful, S.H., didampingi dua Hakim Anggota, Bob Rosman, S.H., dan Maimunsyah, S.H., serta panitera pengganti Agus RM. Dalam persidangan, terdakwa didampingi dua penasihat hukumnya, Taufik M. Noer, S.H., dan Maulina, S.H.

Dalam materi tuntutannya, JPU Harri Citra meminta agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara itu, memutuskan, menyatakan bahwa terdakwa Aidil telah melakukan tindakan pembunuhan secara sengaja dan berencana. Tiga korban masing-masing, istrinya, Irawati, beserta dua anak tirinya, Zikra Muniza (11) dan M. Yafid (17 bulan)

JPU menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 340 KUHPidana. Oleh karena itu, JPU meminta majelis hakim menjatuhkan pidana hukuman mati terhadap terdakwa. Selain meminta terdakwa tetap ditahan, JPU juga meminta agar barang bukti tas, pisau lipat, dan pisau dapur dirampas untuk dimusnahkan.

Usai pembacaan tuntutan JPU, majelis hakim meminta terdakwa untuk berkonsultasi dengan kuasa hukumnya. Tak lama berselang, penasihat hukum terdakwa, Taufik M. Noer menyatakan, pihaknya akan mengajukan nota pembelaan (pleidoi) secara tertulis pada sidang lanjutan mendatang. Majelis hakim menetapkan sidang akan dilanjutkan pada Senin, 18 November 2019 mendatang dengan agenda pembacaan pleidoi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.