21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kasus Suap Irwandi Yusuf: KPK Periksa Dirjen Otda Kemendagri

...

  • DETIK
  • 09 August 2018 11:30 WIB

Dirjen Otda Sumarsono tiba di Gedung KPK, 9 Agustus 2018. @Audrey Santoso/detikcom
Dirjen Otda Sumarsono tiba di Gedung KPK, 9 Agustus 2018. @Audrey Santoso/detikcom

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Sumarsono, sebagai saksi terkait kasus dugaan suap alokasi dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA). Kasus dugaan suap itu menjerat Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Mengenakan jaket Asian Games 2018 warna putih dan menenteng map, Sumarsono tiba di Gedung KPK, Kamis, 9 Agustus 2018, pukul 09.52 WIB.

KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekretaris Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Indra Baskoro, sebagai saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf.

"Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf)," ucap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Irwandi diduga menerima duit suap dari Ahmadi (Bupati Bener Meriah nonaktif) Rp500 juta. Uang itu bagian dari commitment fee Rp1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan DOKA. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

Sebagian dari duit suap Rp500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, dua orang dari swasta juga dijerat sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan T. Saiful Bahri.[] Sumber: detik.com

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.