20 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kata Kepala UPTD Ulee Lheue Soal Kondisi KMP Tanjung Burang

...

  • portalsatu.com
  • 12 June 2017 23:00 WIB

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Rusmansyah. @Taufan Mustafa
Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Rusmansyah. @Taufan Mustafa

BANDA ACEH - Angkutan penyeberangan Ulee Lheue-Sabang menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah hanya dilayani KMP Tanjung Burang. Kapal tua ini disebut-sebut pernah bermasalah dan sempat mogok di laut beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Rusmansyah, menyebutkan kapal tersebut masih terus dioperasikan. "Memang kapalnya sudah tua, kalau pihak ASDP dan Syahbandar mengizinkan untuk berlayar, berarti sudah layak jalan," kata Rusmansyah, kepada portalsatu.com, Senin, 12 Juni 2017.

Dia menyebutkan layak atau tidaknya kapal beroperasi merupakan tanggung jawab syahbandar. Sementara UPTD tidak memiliki wewenang. "Sampai hari ini Tanjung Burang masih layak jalan. Memang kemarin itu Tanjung Burang sempat mogok, ada masalah pada listriknya yang menyebabkan randon pintunya tidak bisa dibuka tutup," kata Rusmansyah lagi.

Namun, menurut Rusmansyah, masalah tersebut sudah diatasi. Genset kapal Tanjung Burang juga sudah diganti dengan yang baru. "Kerusakan lain juga sudah diperbaiki," katanya.

Rusmansyah mengaku tidak mengetahui apa permasalahan KMP Pulo Rondo milik Pemda Aceh yang sudah empat tahun terbengkalai. Kapal yang sepintas masih terlihat kokoh dan bagus dari luar ini "diparkir" di Ulee Lheue.

"Sejak sebelum saya di sini, (KMP Pulo Rondo) sudah tidak jalan lagi," ujarnya.[]

Laporan: Taufan Mustafa

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.