24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Aceh Utara
Kata Panwaslih Tentang Sebagian Pemilih di Dusun Ini Tidak Bisa Baca Tulis

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 14 April 2019 16:30 WIB

ilustrasi Pemilu 2019. Foto istimewa/net
ilustrasi Pemilu 2019. Foto istimewa/net

LHOKSUKON – Sebagian warga yang sudah punya hak pilih di Dusun Seulemak, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, dilaporkan tidak bisa baca tulis. Menyikapi hal itu, Penitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) memberikan strategi alternatif agar mereka tetap bisa memberikan suaranya pada hari pencoblosan Pemilu 17 April 2019.

"Kemarin kita melakukan sosialisasi kegiatan pengawasan partisipatif bersama dengan Lembaga Balai Syura Ureung Inong Aceh di Kecamatan Langkahan, tepatnya di Dusun Seulemak. Di situ kita dapati, berdasarkan laporan dari komunitas perempuan, dari seluruh jumlah pemilih yang ada di sana, 50 persen tidak bisa baca tulis, sehingga menurut mereka ini sangat kendala dalam memberikan suaranya terhadap calon yang ingin mereka pilih," ujar Kordiv. Penindakan dan Pelanggaran Panwaslih Aceh Utara, Safwani, S.H., kepada portalsatu.com, di sela-sela kegiatan penertiban APK di Kecamatan Lhoksukon, Minggu, 14 April 2019.

Terkait persoalan tersebut, kata Safwani, ke depan harus ada kerja sama dari semua pihak, terutama pemerintah, lembaga pemerhati demokrasi dan pemilu, serta Bawaslu bersama KIP untuk memberikan pendidikan penguatan kapasitas yang maksimal kepada warga setempat. 

"Ini juga menjadi tugas dinas terkait. Artinya, lima tahun ke depan permasalahan ini harus selesai, persoalan baca tulis bagi mereka, sehingga mereka sudah bisa dan mampu memberikan suaranya saat pemilu mendatang tanpa kendala," ucap Safwani.

Safwani menyebutkan, kemarin dirinya turun langsung bersama komunitas perempuan untuk memberikan beberapa strategi kepada pemilih yang tidak bisa baca tulis.

"Kita berikan strategi-strategi. Mereka yang sudah punya calon yang akan mereka pilih itu minimal bisa mengetahui nomor urut berapa, dan secara otodidak menghitung kolom di kertas suara, sehingga mereka tahu nomor urut berapa yang ingin mereka coblos, karena mereka mengenali lambang partainya," pungkas Safwani.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.