26 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kata Plt. Kepala Disbudpar dan Mantan Wagub Aceh Tentang Gajah

...

  • Jamaluddin
  • 18 October 2018 08:30 WIB

Gajah Aceh di PKA VII @Jamaluddin/portalsatu.com
Gajah Aceh di PKA VII @Jamaluddin/portalsatu.com

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Drs. Amiruddin, M.Si., sepakat kembangkan objek-objek wisata dan bentuk ragam wisata baru.

Hal tersebut dikatakannya ketika menjawab pertanyaan portalsatu.com, bagaimana cara memaksimalkan kembali keberadaan gajah terutama di dunia pariwisata supaya lebih mudah dikunjungi masyarakat dengan ditempatkan di tiap objek seperti di Gunongan, Taman Sari, Indra Patra, dan lain-lain.

"Ide bagus, tapi mewujudkan tujuan tersebut membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi hal ini menyangkut masalah satwa dilindungi yang perlakuannya memiliki aturan tersendiri. Pusat pelatihan gajah Ie Jeurengeh Lhok Kruet Aceh Jaya banyak didatangi wisatawan walaupun sedikit membutuhkan waktu. Di segi menjaga keaslian habitat dan perlakuan terhadap gajah sudah sangat cocok di sana," kata Amiruddin, Rabu, 17 Oktober 2018.

Sementara itu, mantan Wagub Aceh, H. Muhammad Nazar, ditemui portalsatu.com di seputaran Batoh, mengatakan Lapangan Blang Padang itu dahulu adalah sebagai tempat parkir gajah. Lapangan itu juga sebagai aset bagi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

"Bila dikaji dari literatur sejarah di Lapangan Blang Padang bisa dimuat ratusan gajah, parkir sebelum berangkat berperang," kata Nazar, belum lama ini.

Nazar menyebutkan, dahulu Lapangan Blang Padang dinamakan 'Lapangan Gajah'. Lapangan Blang Padang turun temurun secara histori dibuat untuk masyarakat oleh Sultan Aceh, sama halnya dengan Taman Sari. Sedangkan status tanah-tanah itu adalah milik kerajaan.

Kompleks Kesultanan Aceh meliputi Seutui, Gunongan sampai Blang Padang. Kisah gajah-gajah itu berakhir ketika Belanda datang kemudian dilepas karena pembiayaannya tidak cukup.

"Dahulu Aceh, Thailand, dan India dikenal dengan Negeri gajah," kata Nazar.[]

Editor: Arman

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.