21 January 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kata Staf Ahli Gubernur Aceh Saat Peringatan Hari Menanam Pohon

...

  • PORTALSATU
  • 16 December 2017 18:25 WIB

@Humas Museum Tsunami Aceh
@Humas Museum Tsunami Aceh

JANTHO  - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf diwakili staf ahlinya, Ir. T. Syakur, mengimbau masyarakat menjaga kelestarian hutan karena kehidupan manusia sangat tergantung kepadanya. Hutan memiliki kemampuan menampung cadangan air serta mencegah terjadinya longsor.

"Hutan yang rusak mengakibatkan debit air sungai berkurang. Karena kondisi hulu terganggu berdampak ke hilir," ujarnya pada acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 Provinsi Aceh, di Rest Area, Lhong-Aceh Besar, Sabtu (16/12).

Syakur menyebutkan, salah satu permasalahan hutan yakni illegal logging. Kata dia, pemerintah serius mengatasi masalah tersebut dengan menerbitkan moratorium illegal logging

Syakur turut membacakan pidato tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Isinya menyebutkan seluruh pihak memiliki tanggung jawab menjaga hutan. Kegiatan pengelolaan hutan dan lahan harus memberikan manfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Caranya adalah dengan meningkatkan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Ir. Saminuddin B. Tou, melapirkan, peserta yang hadir pada acara peringatan ini mencapai 700 orang dari berbagai kalangan, seperti 200 relawan Museum Tsunami Aceh. Pemilihan Rest Area, Lhong, sebagai lokasi penanaman berdasarkan permintaan masyarakat. Daerah ini juga mampu mewakili daerah pantai dan pegunungan.

"Melalui penanaman pohon di sini, diharapkan semakin memperindahnya sebagai lokasi wisata," ujarnya.

Penanaman pohon ini merupakan serangkaian kegiatan penanaman 13.000 ribu pohon dalan rangka peringatan gempa dan tsunami ke-13.[](rel)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.