31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kebakaran Lahan di Aceh Jaya dan Aceh Besar

...

  • Rino
  • 08 February 2020 12:00 WIB

Foto: BPBA
Foto: BPBA

BANDA ACEH - Lahan seluas lebih kurang 150 meter persegi di Gampong Kuala Ligan, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, terbakar, Jumat, 7 Februari 2020, malam. Penyebab kebakaran sedang diselidiki pihak terkait.

Lahan yang berada di pinggir jalan nasional kilometer 115 itu dilaporkan terbakar sekitar pukul 19.00 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat mengerahkan satu pemadam kebakaran dari Pos Lhok Kruet untuk mencegah agar api tidak meluas.

"Juga dibantu masyarakat, TNI, Polri, Radio Antar-Provinsi Indonesia (RAPI), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Satuan Tugas Search and Rescue (SAR) Aceh Jaya, serta unsur relawan PB lainnya," jelas Kepala BPBA, Sunawardi, dalam laporan resmi diterima portalsatu.com, Ahad, 8 Februari 2020, pagi.

Api berhasil dipadamkan dalam waktu lebih kurang setengah jam sejak kebakaran itu terjadi pertama kali. Pihak terkait tidak menyebutkan siapa pemilik lahan serta berapa jumlah kerugian akibat kejadian ini.

Pada hari sama, kebakaran lahan terjadi di Gampong Lam Manyang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Luas lahan terbakar lebih kurang 500 meter persegi.

Penyebab kebakaran diduga akibat adanya orang yang membakar sampah di pinggir jalan, api menjalar ke kebun warga. Warga yang melintas di pinggir jalan itu langsung menghubungi petugas saat melihat kebun sedang terbakar.

"Kondisi cuaca yang cerah dan angin kencang mendukung terjadinya kebakaran lahan tersebut," jelas Sunawardi.

Petugas mengerahkan satu armada dan empat personel ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan memblokade api sesuai arah angin supaya tidak merambat ke kebun warga lainnya. "Api berhasi dipadamkan sekira pukul 20.55 WIB," sebutnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.