18 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kemarau Picu Kekeringan Sumur Warga di Nagan Raya

...

  • RISKI BINTANG
  • 13 February 2018 13:02 WIB

SUKA MAKMUE - Musim kemarau yang melanda Nagan Raya sejak beberapa pekan terakhir mengakibatkan kekeringan di daerah tersebut. Warga Tadu Raya bahkan kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur mereka mengering. Diana, misalnya yang mengaku sumur miliknya sudah kering sejak dua hari terakhir.

"Sudah dua hari air tidak keluar dari sumur. Jangankan untuk mandi, untuk cuci-cuci saja harus mengirit-irit," kata Diana kepada portalsatu.com, Selasa, 13 Februari 2018.

Hal senada disampaikan Abdurrahman, warga Kuala, Nagan Raya. Dia mengungkapkan kondisi serupa yang dialami di musim kemarau ini. 

"Selama ini harus ke sungai untuk mandi dan mengambil air kebutuhan sehari-hari," kata Abdurrahman, Selasa, 13 Februari 2018.

Selain sumber air bersih yang mengering, musim kemarau di Nagan Raya juga menyebabkan sejumlah lahan masyarakat ikut terbakar. Di Gampong Alue Siron, misalnya. Sedikitnya tiga hektar lahan milik warga dilaporkan terbakar akibat cuaca panas melanda kawasan tersebut. Pemadaman api di lahan yang diketahui milik Jul, 48 tahun ini, bahkan turut melibatkan personel TNI karena dikhawatirkan merambat ke tempat lain.

Hingga saat ini, wartawan di Nagan Raya sedang mengonfirmasi informasi penanganan dan jumlah bencana akibat musim kemarau ini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya dan instansi terkait lainnya. Ini termasuk menyikapi mengeringnya sumber air bersih di sejumlah sumur warga.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.