30 May 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kemenkumham Kabulkan 52 dari 82 Napi yang Diusul Bebas di Lapas Kelas II B Sigli

...

  • ZAMAH SARI
  • 03 April 2020 21:30 WIB

Acara pembebasan 52 tahanan di Lapas Klas II B Pidie. Foto Zamah Portalsatu
Acara pembebasan 52 tahanan di Lapas Klas II B Pidie. Foto Zamah Portalsatu

SIGLI - Kementerian Hukam dan HAM hanya mengabulkan sebanyak 52 dari 82 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Pidie yang diusul bebas melalui asimilasi. Ke-52 narapidana (napi) tersebut sudah dibebaskan, Jumat, 3 April 2020.

Kepala Rutan Kelas II B Sigli, Halim Faisal, Jumat, 3 April 2020 mengatakan, pihaknya menerima surat pengabulan dari Kemenkumham jumlah warga binaan penghuni Lapas Sigli yang diasimilasi hanya 52 orang. Padahal pihaknya mengusulkan sebanyak 82 napi.

"Ada 52 Napi yang kita bebaskan hari ini setelah mendapat surat pengabulan asimilasi dari Kemenkumham. Mereka umumnya sudah menjalani masa kurungan dua per tiga dari masa pidana dan bagi napi anak sudah menjalani masa kurungan satu per dua masa pidana. Rata - rata mereka habis masa kurungan 31 Desember 2020," kata Ka Lapas.

Adapun mereka yang dilepas merupaka narapida berasal dari Pidie dan Pidie Jaya dengan kasus Narkoba,  Perlindungan anak dan pidana umum lainnya.

Dalam pelepasan para napi diserahkan SK bebas dan membuat pernyataan bahwa selama menjalani asimilasi, mereka tidak keluar rumah  dan tetap malakukan asimilasi mandiri. Setelah membuat pernyataan mereka diizinkan keluar dan  langsung sambut sanak keluarga yang telah menunggu di luar rutan.untuk dibawa pulang ke rumah.

"Mereka yang mendapat asimili tetap menjalani sisa hukuman atau menjalani hukuman subsider. Tapi lokasinya di rumah masing-masing dengan pengawasan Lapas dan Kejaksaan, " jelas Faisal.

Jika nantinya ada pelanggaran ketentuan asimilasi dan pernyataan yang mereka tandatangani dengan mengulangi perbuatannya,  maka pihaknya lanjut Faisal akan menjemput kembali ke Lapas.

Merekayang dilepas saat ini bukan bebas murni sehingga pihaknya akan melakukan proses surat bebas murni bagi para napi yang dibebaskan secara asimilasi sekarang ini.

Berdasarkan informasi jumlah penghuni Lapas Kelas II Sigli sebanyak 481 orang sebelum dilepas dengan asimilasi. Saat ini berkurang sebanyak 52 napi sisanya sebanyak 429 orang lagi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.