18 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kepala Balai Bahasa: Media Massa Ujung Tombak Pembinaan Bahasa

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 05 October 2017 15:40 WIB

BANDA ACEH -- Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh Muhammad Muis mengatakan, media massa memiliki peran besar dan penting dalam memperbaiki penggunaan Bahasa Indonesia. Sebab kata dia, media massa langsung terhubung dengan masyarakat melalui berita-berita yang mereka siarkan.

"Jika jelek bahasa media, maka akan jelek juga bahasa publik," kata Muhammad Muis dalam Penyuluhan Bahasa untuk Media Massa yang dibuat lembaga tersebut Rabu, 4 Oktober 2017.

Ia memaparkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Balai Bahasa, ada 646 bahasa daerah di Indonesia. Sementara di dunia ada enam ribu bahasa yang digunakan.

"Bahkan, penelitian dari beberapa ahli bahasa menyebutkan sampai 655 bahasa daerah yang ada di Indonesia," katanya.

Secara khusus terkait bahasa media massa kata Muhammad Mudis, berdasarkan pantauan yang ia lakukan selama ini, ada media massa cetak maupun elektronik yang masih salah dalam menulis ejaan tertentu Bahasa Indonesia. Contohnya kata dia, kata 'pasca'.

“Itu seharusnya dibaca pasca, bukan paska. Seringkali orang membaca paskasarjana, mestinya pascasarjana. Ini kesalahan dalam penerapan kaidah ejaan dan kesalahan pembentukan kata. Selain itu juga, kita mendengar penyiar radio atau pembaca berita di televisi seringkali masih mengucapkan bahasa lisan Indonesia yang tidak tepat. Apa yang tertulis, itulah yang kita baca,” ujarnya lagi.

Melalui kegiatan ini Muhammad Muis berharap, puluhan wartawan yang menjadi peserta pelatihan itu bisa menjadi ujung tombak untuk pembinaan bahasa di masyarakat umum.

“Media massa adalah salah satu ujung tombak kami untuk pembinaan bahasa, jika baik Bahasa Indonesia media massa, Insya Allah akan baik juga penggunaan Bahasa Indonesia yang ada di kalangan masyarakat,” ujarnya.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.