25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kepala Karantina Ikan Aceh: Satu Paus Kritis Kena Karang

...

  • BOY NASHRUDDIN
  • 13 November 2017 19:20 WIB

Satu dari 10 ekor paus kritis di pantai Ujong Kareung. @boynashruddin
Satu dari 10 ekor paus kritis di pantai Ujong Kareung. @boynashruddin

UJONG BATEE - Tim gabungan berhasil mengevakuasi lima dari sepuluh ekor ikan paus yang terdampar di pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, Senin, 13 November 2017 hingga pukul 18.18 WIB tadi. Sementara satu ekor paus jenis sperma yang terdampar tersebut dalam kondisi kritis.

"Ada lima yang sudah berhasil diselamatkan. Tinggal empat lagi, sementara satu kritis karena terkena karang," ujar Kepala Karantina Ikan Aceh Darwin Syah Putra, menjawab portalsatu.com.

Dia mengaku belum mengetahui penyebab mamalia terbesar di bumi itu terdampar hingga ke Ujong Kareung, Aceh Besar. Namun, kata dia, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan paus terdampar seperti pengaruh sonar, perubahan iklim.

"Ini harus divisum (dulu), karena musim-musim pancaroba seperti ini bisa (buat paus terdampar) karena mereka bekerja pakai sonar 'kan," ujar Darwin lagi.

Di sisi lain, kata dia, aktivitas kapal di permukaan jauh dapat mempengaruhi peta migrasi ikan-ikan paus tersebut. Darwin belum bisa memastikan jika kawanan paus tersebut merupakan kelompok yang sama dengan kawanan paus yang ada di Ujong Seukee, Sabang. "Itu belum bisa kita pastikan. Apakah sama-sama dengan yang (paus) di Sabang. Belum bisa kita pastikan," ujarnya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.