12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kesal Tak Diberi Kerja, Remaja Ranto Peureulak Bakar Truk Sawit

...

  • portalsatu.com
  • 06 May 2020 11:30 WIB

Aparat kepolisian bersama pemadam kebakaran memadamkan api yang membakat truk pengangkut kelapa sawit Foto-foto: dok. Polsek Ranto Peureulak
Aparat kepolisian bersama pemadam kebakaran memadamkan api yang membakat truk pengangkut kelapa sawit Foto-foto: dok. Polsek Ranto Peureulak

Seorang remaja di Ranto Peureulak, Aceh Timur nekat menghentikan truk pengangkut sawit di malam buta dan membakarnya. Dugaan sementara dipicu kekesalan karena tidak diberi pekerjaan.

IDI – Satu truk pengakut sawit dibakar di jalan lintasan Peureulak-Peunaron di kawasan Dusun Lapangan Heli, Lorong Sikabut, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Kapolsek Ranto Peureulak Ipda Wisnu Bramantyo mengungkapkan, pembakaran truk sawit itu terjadi Selasa, 5 Mei 2020, sekitar pukul 23.00 WIB. Truk merk Dyna, jenis colt tronton warna merah itu milik Koperasi Prima Jasa (KPJ).

Saat kejadian mobil dengan nomor polisi BK 9242 CJ itu dikemudikan Andika Bin Muhammad Yusuf (26), warga Desa Arongan Lise, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara.

“Saat kejadian mobil itu baru keluar dari gudang sawit KPJ di Peunaron dan menuju ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Bayeun. Pelaku pembakaran beinisial ML, berusia 16 tahun, dugaan sementara karena kesal tidak diberi kerja,” ungkap Wisnu Bramantyo.

Wisnu Bramantyo menambahkan, ML merupakan warga desa tempat peristiwa pembakaran itu terjadi. Malam itu ia menghentikan truk yang sedang melaju. Ketika truk itu berhenti dan sopirnya turun, ia langsung berjalan ke pintu sambil membawa jeriken berisi bensin.

Melihat itu Andika ketakutan, ia hanya berdiri di pinggir jalan. Kemudian Arian kawan Andika yang saat itu juga mengemudikan mobil pengangkut sawit di belakang Andika turun dan menemui pelaku sambil memohon agar truk tersebut jangan dibakar.

Tapi permintaan Arian itu tidak digubris, pelaku kemudian menyiram bangku sopir truk itu dengan bensin dan membakarnya dengan korek, hingga bagian depan mobil tersebut terbakar.

“Karena pelaku kesal kepada perusahaan itu yang tidak memberinya pekerjaan, maka ia melampiaskan kekesalannya dengan membakar mobil milik perusahaan tersebut,” tambah Wisnu Bramantyo.

Karena takut, Arian dan Andika tidak bisa berbuat apa-apa. Usai melakukan aksinya pelaku berjalan ke arah sepeda motornya dan mengendarainya sambil mengatakan "Kau bilang sama orang-orang kalau aku yang bakar,” ia kemudian meninggalkan Arian dan Andika terus menuju ke arah Ranto Peureulak.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut melaporkan ke Polsek Ranto Peurelak yang selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Sedangkan pelaku saat ini sedang dalam penyelidikan pihak Polsek Ranto Peureulak.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.