25 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kesalahan Aktivis AS Terungkap Saat Sebar Foto Palsu Konflik Suriah

...

  • MERDEKA
  • 01 March 2018 12:40 WIB

WASHINGTON - Seorang aktivis Amerika Serikat, Sami Sharbek, mengunggah foto situasi dan korban perang Timur Tengah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang penderitaan penduduk Suriah. Namun rupanya, foto-foto yang digunakannya berasal dari Mosul dan Gaza.

Dalam sebuah unggahan terbarunya kemarin, Sharbek menunjukkan dua foto di mana terlihat sebuah blok perumahan bergaya Timur Tengah yang dibom dari udara dan foto lain yang menggambarkan seorang pria tengah berlari sambil membawa anak yang sedang menangis.

"Ini bukan adegan dalam film. Ini terjadi di Suriah," tulisnya dalam keterangan foto, dikutip dari laman Russia Today, Rabu (28/2).

Unggahan itu mendapat tanggapan luar biasa dari netizen. Sebanyak 154.000 orang menyukai unggahan itu sementara 125.000 lainnya membagikan kedua foto tersebut.

Kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa foto tersebut bukan berasal dari perang Suriah melainkan merupakan dampak dari serangan udara Israel di Palestina. Namun, seorang kolomnis dari BusinessMirror menunjukkan bahwa unggahan Sharbek tentang Suriah salah besar.

"Salah," tulis John Mangun seraya menyertakan tautan artikel laman berita Independent tentang liputan serangan udara Israel di Palestina pada 2014 lalu. Dari foto dalam artikel tersebut, terlihat gambar sama dengan yang diunggah oleh Sharbek. Foto tersebut diambil oleh fotografer Reuters.

Menyadari kesalahannya, Sharbek langsung menyampaikan permintaan maaf melalui akun media sosial Twitternya.

"Saya tidak sadar bahwa gambar itu berasal dari Gaza dan Mosul. Niat saya mengunggahnya hanya untuk mengajak rakyat di negara saya sadar akan penderitaan mereka," sesalnya.

Terakhir, Sharbek meminta agar masyarakat memberikan donasi dan membagikan tautan organisasi nirlaba Lembaga Medis Amerika Suriah agar semakin banyak masyarakat yang sadar.[] sumber: merdeka.com

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.