15 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketika Tgk. Muhar Memotivasi Amad kostrad Mantan Kombatan Berjuang Sampai Pulih

...

  • PORTALSATU
  • 10 November 2018 21:00 WIB

Tgk. Muhar membesuk Amad kostrad di Teupin Reusep, 10 November 2018. Foto: istimewa
Tgk. Muhar membesuk Amad kostrad di Teupin Reusep, 10 November 2018. Foto: istimewa

LHOKSEUMAWE - Mantan Ketua DPR Aceh, Tgk. H. Muharuddin, membesuk Muhammad Diah alias Amad kostrad, ekskombatan GAM wilayah Pase, yang kondisinya dinilai memprihatinkan akibat menderita sakit paru-paru sudah menahun.

Amad menunjukkan sikap pasrah, bahkan mengaku sudah pesimis untuk bisa sembuh dan bertahan hidup. Sehingga Tgk. Muharuddin akrab disapa Tgk. Muhar berusaha memompa semangat pria enam anak itu agar tetap berjuang dengan cara berobat sampai pulih atau sehat kembali.  

Mulanya, Tgk. Muhar mendapat kabar, ada seorang mantan kombatan, Amad kostrad, sudah empat hari dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia (RSUCM), Buket Rata, Lhokseumawe. Tgk. Muhar bersama rombongan dari Banda Aceh kemudian menuju Aceh Utara, Sabtu, 10 November 2018.

Seusai menghadiri acara peletakan batu pertama perluasan bangunan masjid di Cot Matahe, Aceh Utara, Tgk. Muhar datang ke RSUCM untuk membesuk Amad kostrad. Saat Tgk. Muhar tiba di rumah sakit milik Pemkab Aceh Utara itu, ternyata Amad sudah tidak ada lagi di ruang rawat inap. Menurut penjelasan pihak RSUCM kepada Tgk. Muhar, Amad memaksa pulang ke rumahnya meski belum diizinkan oleh dokter yang menanganinya.

Tgk. Muhar langsung meluncur ke rumah Amad di Gampong Teupin Reusep, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Sabtu sore. "Saya lihat kondisinya memprihatinkan dan harus mendapat perawatan medis, karena sakit paru-parunya sudah menahun. Saya menanyakan mengapa pulang (ke rumah), padahal belum diizinkan oleh dokter, Bang Amad hanya diam, tidak menjawab," ujar Tgk. Muhar kepada wartawan usai membesuk mantan kombatan GAM itu.

"Bang Amad terlihat sudah pasrah dan mengaku pesimis. Lalu saya coba memberi semangat agar beliau terus berjuang sampai sembuh. Berusaha (menjalani pengobatan) dan juga berdoa. Intinya, harus tetap memiliki semangat hidup, mudah-mudahan beliau bisa sehat kembali," kata Tgk. Muhar.

Selain memotivasi, Tgk. Muhar turut menyerahkan bantuan berupa uang untuk keluarga Amad. Tgk. Muhar kemudian berkoordinasi dengan aparat gampong setempat dan sejumlah mantan kombatan lainnya di kawasan itu agar segera mengurus rujukan melalui Puskesmas sehingga Amad bisa dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

"Saya lihat kondisi rumah yang ditempati Bang Amad bersama istri dan enam anaknya juga patut mendapat perhatian untuk dibangun secara layak. Tadi saya sudah koordinasi dengan Tarmizi Panyang (anggota DPRA yang juga putra Sawang, Aceh Utara), sudah diperjuangkan anggaran pembangunan rumah Bang Amad untuk ditampung dalam APBA 2019," ujar Tgk. Muhar.[](rel/*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.