11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketua DPRA Desak Pemerintah Berikan Bantuan Kemanusian Terhadap Pengungsi Rohingya

...

  • Fakhrurrazi
  • 25 June 2020 21:00 WIB

Dahlan Jamaluddin. Foto: dok. portalsatu
Dahlan Jamaluddin. Foto: dok. portalsatu

BANDA ACEH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Dahlan Jamaluddin, meminta Pemerintah Indonesia memberi bantuan kemanusiaan kepada pengungsi muslim Rohingya yang terdampar di Aceh Utara.

Menurut Dahlan Jamaluddin, informasi dia terima, para pengungsi tersebut didominasi perempuan dan anak-anak. Dari 94 pengungsi itu, kata dia, hanya 15 orang laki-laki dewasa, sementara lainnya perempuan dan anak-anak.

Dahlan memberi hormat dan apresiasi kepada nelayan di Aceh Utara mempunyai nilai kemanusiaan sangat tinggi karena telah menyelamatkan pengungsi muslim Rohingya yang saat ini negaranya sedang didera konflik.

"Jangan sia-siakan apa yang telah dilakukan oleh para nelayan Aceh. Sebagai manusia, menjadi kewajiban kita untuk menolong mereka," kata Dahlan Jamaluddin di Banda Aceh, Kamis, 25 Juni 2020.

Dahlan Jamaluddin memahami persoalan kepentingan negara dan hubungan politik luar negeri yang sedang dijalankan Pemerintah Indonesia. Terkait dengan itu, dia berharap otoritas berwenang untuk mengkoordinasikan dan mengambil sikap terhadap nasib mereka.

"Yang penting mereka ditolong dulu. Warga Aceh pernah merasakan nasib yang sama ketika konflik dulu. Kedepankan nilai kemanusiaan," ungkap politikus PA ini.

Diberitakan sebelumnya, kapal nelayan mengangkut 94 warga negara asing (WNA) etnis Rohingya akhirnya mendarat di Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. 

Para pengungsi Rohingya itu berhasil ditarik dan dievakuasi ke darat oleh warga menggunakan dua kapal milik nelayan setempat. "Mereka sudah di daratan. Mereka ditarik dengan dua boat nelayan setempat," kata Panglima Laot Aceh Utara, M. Hasan, saat dikonfirmasi poratalsat.com Kamis, 25 Juni 2020, sore.

Informasi terbaru menyebutkan, 94 pengungsi Rohingya itu sudah dievakuasi ke tempat penampungan sementara di bekas Kantor Imigrasi, Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.