20 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketua DPRA Sampaikan Tuntutan Aliansi Mahasiswa Aceh kepada Plt. Gubernur

...

  • Fakhrurrazi
  • 10 September 2020 11:00 WIB

Aksi mahasiswa di ruang rapat paripurna DPRA, 8 September 2020. Foto: dok. portalsatu.com
Aksi mahasiswa di ruang rapat paripurna DPRA, 8 September 2020. Foto: dok. portalsatu.com

BANDA ACEH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Dahlan Jamaluddin, menyurati Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melalui surat bernomor 160/1869 tanggal 9 September 2020 tentang penyampaian aspirasi dari Aliansi Mahasiswa Aceh.

Dalam surat itu, Dahlan Jamaluddin, menyebutkan bahwa DPRA pada Selasa, 8 September 2020, menerima unjuk rasa Aliansi Mahasiswa Aceh mengangkat isu “Mengevaluasi kinerja eksekutif terkait pertanggungjawaban realisasi anggaran penanganan Covid-19”.

Adapun tuntutan Aliansi Mahasiswa Aceh: Segera memublikasikan secara transparan laporan anggaran Covid-19 pada sektor yang telah dianggarkan; Segera merealisasikan anggaran bantuan pendidikan dan pemenuhan fasilitas penunjang jalannya pendidikan di Aceh (selama masa pandemi Covid-19); Segera melakukan pemerataan fasilitas kesehatan (tenaga medis, alat kesehatan, tempat isolasi/rawat pasien Covid-19) pada setiap kabupaten sebagai bentuk penanggulangan Covid-19 yang maksimal dan tidak sentralistik.

Berikutnya, memperjelas sistem zonasi Covid-19 di setiap Kabupaten/kota serta memublikasikan data statistik dengan sebenar-benarnya (penanganan untuk zona merah, kuning, dan hijau); Segera memberikan perhatian khusus terhadap pekerja yang kehilangan pekerjaan selama masa pandemi Covid-19; Segera membatalkan program-program yang tidak menjadi prioritas dan tidak pro masyarakat kecil dalam masa pandemi Covid-19.

Lalu, Mendesak DPRA segera mengoptimalkan fungsi dari naungan Komisi Pendidikan, Keuangan dan Kesehatan; Mendesak DPRA segera menghadirkan Plt. Gubernur Aceh dalam tempo 2x24 jam serta melibatkan Aliansi Mahasiswa Aceh selama berlangsungnya sidang evaluasi kinerja Plt. Gubernur Aceh (eksekutif).

Dalam surat itu, Dahlan meminta Plt. Gubernur Aceh menindaklanjuti petisi aspirasi dari Aliansi Mahasiswa Aceh. “Dan kami minta kepada saudara (Plt. Gubernur)  agar dapat hadir di Gedung Utama DPR Aceh sesuai dengan tuntutan dari Aliansi Mahasiswa Aceh," tegas Dahlan.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.