10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketua Komisi V DPRA: Pemerintah Aceh Harus Bantu Pengungsi Rohingya

...

  • Fakhrurrazi
  • 27 June 2020 15:00 WIB

M. Rizal Falevi Kirani. Foto: dok./portalsatu
M. Rizal Falevi Kirani. Foto: dok./portalsatu

BANDA ACEH - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), M. Rizal Falevi Kirani, meminta Pemerintah Aceh memberikan bantuan serta memfasilitasi para pengungsi Rohingya yang sementara waktu ditempatkan di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe.

"Rohingya itukan saudara kita seiman, tetap harus kita terima. Kita harap kepada Pemerintah Aceh untuk membantu kebutuhan mereka dari segi logistiknya dan tidak boleh juga mengesampingkan protokol kesehatan," kata Falevi Kirani kepada portalsatu.com, Sabtu, 27 Juni 2020.

Politikus PNA ini juga berharap Pemerintah Aceh terus berkoordinasi dengan pihak UNHCR dan IOM untuk penanganan lebih lanjut terkait manusia perahu tersebut. Pasalnya, persoalan pengungsi itu sudah masuk ke ranah internasional.

"Sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, itu ranahnya pemerintah pusat. Tapi karena Aceh juga pernah mendapatkan bantuan dari negara lain saat tsunami 2004 lalu, maka kita wajib membantu," tutur Falevi.

Menurut Falevi, orang Aceh terpanggil karena merasa iba sehingga atas dasar kemanusiaan mengevakuasi Rohingya dari laut ke darat. "Hari ini kita tolong mereka tetapi besok atau lusa atau kapanpun orang Aceh juga butuh pertolongan dari negara lain. Saya pikir walcome saja terhadap pengungsi Rohingya," ungkapnya.

Falevi memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada warga pesisir Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, yang telah mengevakuasi pengungsi Rohingya ke daratan atas dasar kemanusian.

"Kita sangat mengapresiasi warga pesisir Lancok, memang fitrahnya orang Aceh saling membantu siapapun yang membutuhkan. Apalagi sebagian dari mereka anak-anak dan wanita serta orang tua," pungkas Falevi Kirani.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.