29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketua Komisi V DPRA Usul Tingkatkan Status Interpelasi ke Pemakzulan

...

  • Fakhrurrazi
  • 26 September 2020 14:30 WIB

Foto: Fakhrurrazi
Foto: Fakhrurrazi

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, M. Rizal Falevi Kirani, mengusulkan agar Pimpinan DPRA meningkatkan status Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh untuk segera dimakzulkan.

Ketua Komisi V DPRA itu menilai Pemerintah Aceh selama ini terbukti sangat tertutup dan itu melanggar peraturan perundang-undangan berlaku. "Maka saya mengusulkan masukan dari konstituen-konstiuen yang menginginkan, maka ditingkat untuk segera dimakzulkan," tegas Falevi Kirani saat melakukan interupsi dalam rapat paripura penyampaian jawaban Plt. Gubernur Aceh terhadap hak interpelasi DPRA, Jumat, 25 September 2020, malam.

Falevi juga mempertanyakan anggaran refocusing untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp1,7 triliun digunakan untuk apa saja. Menurut Falevi, dalam perjalanan penanganan kasus virus korona di Aceh mulai Juli dan Agustus 2020, jumlah alokasi anggaran Covid-19 meningkat menjadi Rp2,3 triliun.

"Lagi-lagi itu kita tahu bukan dari mulutnya Plt. Gubernur Aceh yang menakhodai Pemerintah Aceh, tapi dari media," ujar Anggota Fraksi Partai Nanggroe Aceh (PNA) ini.

Falevi mengaku memperoleh informasi dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri bahwa Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana recofusing mencapai Rp2,5 triliun lebih. 

"Kita tahu dari Mendagri saat itu, bukan dari Pemerintah Aceh. Pemerintah Aceh, saudara Plt. Gubernur menutup diri, pemerintah selama ini tidak terbuka dan sangat tertutup," ungkapnya. 

Menurut Falevi, penggunaan hak interpelasi merupakan hak konstitusional Anggota DPR Aceh. Penggunaan hak interpelasi, bukan persoalan tidak mendapatkan pokok-pokok pikiran (pokir).

"Kami tidak butuh pokir itu. Kita minta hari ini dana refocusing itu dipublikasikan ke publik, kalau memang tidak ada apa-apanya," tegas Falevi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.