25 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Apel Siaga Pengawasan Pemilu
Ketua Panwaslih Aceh Utara: Awasi Indikasi Politik Uang dan Serangan Fajar

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 12 April 2019 23:25 WIB

Ketua Panwaslih dan Kabag Ops Polres Aceh Utara mengecek peserta apel siaga pengawasan pemilu di Lapangan Upacara Lhoksukon, Jumat, 12 April 2019. Foto: Cut Islamanda/portalsatu
Ketua Panwaslih dan Kabag Ops Polres Aceh Utara mengecek peserta apel siaga pengawasan pemilu di Lapangan Upacara Lhoksukon, Jumat, 12 April 2019. Foto: Cut Islamanda/portalsatu

LHOKSUKON – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara menggelar apel siaga pengawasan pemilu di Lapangan Upacara Lhoksukon, Jumat, 12 April 2019, sore. Kegiatan tersebut diikuti 993 peserta dari Panwaslih kabupaten, Panwaslih kecamatan dan Pengawas Pemilu Gampong (PPG).

“Ini adalah apel siaga menyambut masa tenang, dan siaga itu juga dikemas sebagai bentuk kesiagaan kita dari beberapa persoalan yang mungkin timbul di hari masa tenang. Di antaranya, indikasi politik uang, serangan fajar, dan hal-hal lain yang bisa terganggunya tahapan-tahapan masa tenang, termasuk isu hoaks, ujaran kebencian dan lainnya. Kita minta awasi itu,” ujar Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi, ditemui portalsatu.com usai apel itu.

Yusriadi menyebutkan, saat apel itu dirinya membacakan amanat dari Bawaslu RI. Intinya, agar jajaran Panwaslu ini menjaga integritas dan menjunjung tinggi, serta melakukan pemantauan yang ekstra untuk menciptakan pemilu yang bermartabat. "Dalam hal ini, Panwaslih Aceh Utara siap mengawasi jalannya tahapan Pemilu 2019 sesuai dengan instruksi ataupun petunjuk Bawaslu RI".

“Keseluruhan yang hadir hari ini 993 orang, terdiri dari 852 PPG, 81 Panwascam dan lainnya dari kabupaten,” ucap Yusriadi.

Terkait penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), kata Yusriadi, sudah dijadwalkan pada 14 dan 15 April. “Sejatinya, penertiban APK itu menjadi kewajiban partai politik sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 298. Dinyatakan, bahwa alat peraga kampanye itu dibersihkan oleh peserta pemilu. Kemudian, pada hari 1-H, maka APK itu harus sudah dibersihkan," ujarnya.

Panwaslih Aceh Utara telah melakukan beberapa langkah, terutama berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berjumpa langsung Satpol PP, termasuk dengan Sekda untuk diminta memfasilitasi penertiban APK.

"Prinsipnya, Pemda sudah siap untuk melaksanakan penertiban itu jika peserta pemilu tidak menurunkan sendiri. Di sini, kita jajaran pengawas hanya mem-back-up dan bersama-sama akan menertibkan, tapi leading sector-nya itu ada di Satpol PP," kata Yusriadi.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin yang diwakili Kabag Ops AKP Iswahyudi dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan pesta demokrasi kali ini bukanlah kegiatan yang sepele. “Hari ini kita berdiri di sini, kita bisa menjadi saksi sejarah dan pelaku sejarah untuk kemajuan bangsa ini. Dari berbagai kecamatan, kita sudah bisa membanggakan diri bahwa di era tahun 2019 'saya pernah mewarnai bangsa ini'. Makanya tanamkan dari jiwa bapak dan ibu sekalian untuk kegiatan ini agar lebih luar biasa, jadi pelaksanaan tugas di lapangan enggak seenaknya,” kata Iswahyudi.

Kabag Ops juga meminta para penyelenggara pemilu yang hadir untuk menjaga integritas diri masing-masing. “Integritas itu perlu, karena seseorang yang tidak mempunyai integritas jati diri, maka tidak akan menjadi apa-apa. Anak muda yang tidak punya jati diri, dia tidak akan punya pendamping karena tidak punya integritas. Hari ini terbukti, orang yang percaya diri itu lebih memahami orang lain dan orang lain bisa mengerti apa yang diharapkannya,” ucap Iswahyudi.

Dia menegaskan, agar para pengawas pemilu jangan takut dalam melaksanakan segala kegiatan tahapan Pemilu 2019. “Kami TNI dan Polri siap mengamankan jalannya pemungutan suara, jalannya Pemilu 2019. Kami siap dengan segala risiko apapun. Jadi, jangan takut kalau ada apa-apa, maka sampaikan secara bijak, secara dewasa. Karena hanya orang dewasalah yang bisa datang ke TPS,” pungkas Kabag Ops Polres Aceh Utara.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.