01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Keuchik Gampong Asan Tolak Paket Sembako Bantuan Pemerintah Aceh, Ini Alasannya

...

  • ZAMAH SARI
  • 22 May 2020 22:30 WIB

Sembako dari Pemerintah Aceh untuk Pidie. Foto: dok. Portalsatu
Sembako dari Pemerintah Aceh untuk Pidie. Foto: dok. Portalsatu

SIGLI - Merasa diperlakukan tidak adil dalam penyaluran paket sembako untuk warga terdampak Covid-19 dari Pemerintah Aceh, Keuchik Gampong Asan, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie tolak bantuan itu. 

Alasan Keuchik menolak bamtuan tersebut lantaran hanya dapat jatah 1 keluarga. Padahal di gampongya terdapat 35 keluarga yang berhak mendapatkan bantuan tersebut. 

Keuchik Gampong Asan, Tgk. Sapuan, Jumat, 22 Mei 2020, kepada portalsatu.com, mengaku terpaksa menolak paket bantuan dari Pemerintah Aceh yang hanya dikasih untuk satu keluarga. Daripada bingung dan disalahkan warga, lebih baik tidak terima.

"Kami menilai ada ketidakadilan dalam penentuan penerima bantuan. Daripada timbul masalah di masyarakat, lebih baik kami tolak bantuan itu," kata Tgk. Sapuan. 

Adapun bantuan itu sudah diserahkan kembali ke pihak Kecamatan Kota Sigli melalui Kasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) untuk diteruskan kembali ke pihak Pemerintah Aceh.  Penolakan itu dilakukan semata-mata untuk menghindari kericuhan di gampong. 

Menurut Sapuan, dirinya menyerahkan nama 71 keluarga tak mampu dan layak menerima bantuan saat dilakukan pendataan petugas kabupaten beberapa waktu lalu. Dari itu ada 35 warga yang lebih berhak menerima karena tidak terdata sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

"Sangat kecewa kami, begitu mendengar informasi gampong kami hanya dapat satu paket. Daripada ribut, kami beserta perangkat sepakat menolaknya," tegas Sapuan.

Sejauh ini, belum ada keterangan dari pihak kecamatan tentang penolakan bantuan tersebut. Camat Kota Sigli, Nadhar Putra sudah coba dikonfirmasi lewat WhatsApp, tapi belum aktif.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.