21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


KIP: 171 Caleg Berebut 20 Kursi DPRK Sabang

...

  • ANTARA
  • 19 March 2019 21:30 WIB

Komisioner KIP Sabang, Aceh, menunjukkan surat suara di Pemilu Serentak 17 April 2019. (Foto: KIP Sabang)
Komisioner KIP Sabang, Aceh, menunjukkan surat suara di Pemilu Serentak 17 April 2019. (Foto: KIP Sabang)

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Sabang menyatakan, 171 calon anggota legislatif (caleg) bakal memperebutkan 20 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang periode 2019-2024 di Pemilu Serentak digelar 17 April 2019.

"Ada 20 kursi yang diperebutkan oleh 171 caleg sekarang dari 12 parpol (partai politik), baik nasional maupun lokal," ujar Ketua KIP Sabang, Azman di Sabang, Selasa.

Ia mengatakan, mayoritas dari caleg yang telah ditetapkan dalam rapat pleno tahun lalu tersebut, telah memenuhi kuota sebesar 30 persen keterwakilan perempuan sesuai aturan yang ada.

Caleg itu didaftarkan oleh ke-12 parpol pengusung meliputi 10 parpol nasional yakni Demokrat, Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, Golkar, PDI Perjuangan, PBB, Perindo, dan PPP.

Sedangkan dua parpol sisanya merupakan partai lokal, yakni Partai Aceh (PA), dan Partai Nasional Aceh (PNA) dari empat parpol lokal yang mengikuti pemilu serentak kali ini di antaranya Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA), dan Partai Daerah Aceh (PDA).

Data KIP Sabang menyebut, dari jumlah DPT 25.741 orang, 12.686 pemilih di antaranya di daerah pemilihan (dapil)-1 Kecamatan Suka Karya yang mendapatkan 10 kursi DPRK, dan 13.055 pemilih di dapil-2 Kecamatan Sukajaya mendapatkan jatah yang sama dengan total 104 tempat pemungutan suara tersebar di 18 gampong (desa).

"PNA tidak penuh mendaftarkan caleg di pemilu kali ini, karena cuma tiga orang. Sementara PA masing-masing diisi oleh 12 orang caleg," tutur dia.

Ia menyebut, sebagian partai politik memilih untuk tidak mendaftarkan calegnya di tingkat DPRK Sabang, meliputi Hanura, PKPI, PKB, Garuda, Partai Berkarya, dan PSI, selain dua partai lokal yakni Partai SIRA, dan PDA.

"Kesulitan di Sabang adalah mendapatkan caleg perempuan. Lebih banyak yang didaftarkan, tetapi tidak memenuhi kuota. Seperti cuma ada caleg lima orang dari seharusnya diisi 10 orang di satu parpol, dan cuma ada tujuh orang," beber Azman.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW-PA) Sabang, Nazaruddin bulan lalu mengatakan, pihaknya menargetkan meraih delapan kursi di DPRK setempat di pemilu serentak tahun ini. "Kita tidak muluk-muluk, targetnya minimal delapan kursi di DRPK Sabang," katanya.

Ia mengaku, sudah menyampaikan kepada semua caleg DPRK Sabang dari partai politik tersebut untuk lebih bekerja keras, dan melakukan kampanye dengan cara yang santun. Partai Aceh pada pemilu serentak kali ini secara keseluruhan mengusung 24 caleg untuk tingkat DPRK Sabang, dan tersebar di dua dapil dengan formasi masing-masing 12 orang.

"Saya sudah ingatkan kader Partai Aceh di Sabang, berpolitik dengan cara santun. Tidak mengumbar janji secara berlebihan kepada masyarakat," ujar Nazaruddin yang juga menjabat sebagai Wali Kota Sabang.

Reporter: Muhammad Said.[]Sumber: antaranews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.