18 February 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


KIP Aceh Utara Rekrut Relawan Demokrasi

...

  • Fazil
  • 16 January 2019 15:00 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

ACEH UTARA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara membuka perekrutan relawan demokrasi untuk Pemilu 2019. Proses rekrutmen tersebut dibuka 14 hingga 19 Januari 2019.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Aceh Utara, Muhammad Usman, mengatakan, bagi masyarakat yang ingin bergabung untuk menjadi relawan demokrasi dapat mendaftar langsung ke KIP. Syarat menjadi relawan demokrasi tersebut harus berdomisili di wilayah Aceh Utara, dan tidak terlibat partai politik (parpol), bukan bagian dari penyelenggara pemilu, berusia minimal 17 tahun saat mendaftar. Khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun atau sudah bisa memilih, serta memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. 

"Setelah pemeriksaan berkas administrasi dan tes wawancara pada tanggal 20 hingga 22 Januari 2019, kemudian kita akan mengumumkan hasil itu pada 23 Januari terhadap 55 orang yang terpilih. Nantinya mereka akan bekerja selama tiga bulan ke depan," kata Usman kepada portalsatu.com, Rabu, 16 Januari 2019.

Usman menjelaskan, relawan demokrasi pemilu itu untuk membantu penyelenggara pemilu dalam melakukan sosialisasi tahapan-tahapan pemilu kepada masyarakat, Selain itu, kata Usman, juga mampu menumbuhkan kembali  kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usman menambahkan, relawan demokrasi harus mampu mendorong untuk meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 secara optimal. Kata dia, relawan dari kelompok masyarakat yang terpilih berasal dari berbagai basis pemilih, yakni basis pemilih perempuan, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih disabilitas dan beberapa basis pemilih lainnya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.