11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


KIP Gayo Usulkan Anggaran Pilkada Rp35 Miliar

...

  • Win Porang
  • 24 June 2020 11:15 WIB

Ketua Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia KIP Gayo Lues, Khairudin. [Foto: Win Porang]
Ketua Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia KIP Gayo Lues, Khairudin. [Foto: Win Porang]

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues mengusulkan anggatran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2022 sebesar Rp35 miliar.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) KIP Gayo Lues, Khairudin, Rabu, 24 Juni 2020 menjelaskan, usulan anggaran itu dilakukan dalam pertemuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues, Selasa/kemarin.

"Kalau menurut UUPA, setiap lima tahun kita melakukan pemilihan kepala daerah, jadi Pikada Gayo Lues akan dilaksanakan tahun 2022, tapi namun jika merujuk aturan Pilkada serentak itu tergantung keputusan Mendagri," jelasnya.

Jika Pilkada di Gayo Lues dilaksankan tahun 2022 kata Khairudin, proses dan tahapanya sudah dimulai sejak bulan April tahun 2021, sehingga anggaran sudah harus diusulkan sejak dini supaya bisa tertampung dalam APBK.

"Jadi kemarin, selain silaturahmi, kami langsung menyerahkan berkas usulan anggaran sebesar Rp 35 miliar, berkas itu langsung kami sampaikan kepada pak Ketua DPRK H Ali Husin, usulan itu akan direvisi lagi, dan berapa nanti disetujui, itu tergantung DPRK," jelasnya.

Awalnya kata Khairudin, KIP Gayo Lues berencana melakukan audiensi dengan Bupati dulu mengenai usulan anggaran itu baru dengan Ketua DPRK, namun lantaran Bupati sedang diluar daerah, KIP berinisiatif berkunjung ke DPRK dulu baru dengan Bupati.

"Tahun lalu anggaran KIP Gayo Lues yang disetujui jumlahnya belasan miliar, tapi tahun ini kayaknya harus diatas Rp 20 miliar, soalnya jumlah TPS juga bertambah, jika Pilkada sebelunya hanya 245 TPS, Pilkada tahun 2022 mendatang jumlah TPS 250 unit, otomatis biaya juga bertambah karena jumlah pemilihnya juga bertambah," ujarnya. [**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.