26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


KIP Lhokseumawe Terima 808 Koli Surat Suara untuk Pemilu 2019

...

  • Fazil
  • 21 February 2019 15:30 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

LHOKSEUMAWE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe menerima logistik pemilu berupa kertas surat suara sebanyak 404.000 lembar atau 808 koli (kotak) surat suara, yang disalurkan KPU RI untuk Pemilu 2019 dan tiba di KIP setempat, Rabu, 20 Februari 2019, malam.

Ketua Divisi Teknis KIP Lhokseumawe, T. Marbawi, mengatakan, jumlah surat suara yang masuk yakni untuk DPRK, DPRA dan DPR RI sebanyak 808 kotak. Sedangkan untuk surat suara DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden nantinya akan menyusul di Medan.

"Surat suara yang masuk ke KIP untuk DPRK, DPRA dan DPR RI itu mencukupi. Kita akan menyortir surat suara itu dalam pekan ini, karena sebagian komisioner KIP masih berada di luar daerah sehingga harus menunggu mereka kembali terlebih dahulu," kata Marbawi kepada para wartawan, Kamis, 21 Februari 2019.

Jumlah surat suara, lanjut Marbawi, DPR RI Dapil 2 sebanyak 266 kotak, DPRA Dapil 5 sebanyak 266 kotak, DPRK Dapil 1 sebanyak 118 kotak, DPRK Dapil 2 sebanyak 69 kotak, DPRK Dapil 3 sebanyak 37 kotak, dan DPRK Dapil 4 sebanyak 52 kotak.

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Teuku Zulkarnain, menyebutkan, Bawaslu mempunyai kewajiban untuk melakukan pengawasan mulai dari percetakan, pendistribusian surat suara hingga diterima oleh pihak penyelenggara pemilu yaitu KIP setiap kabupaten/kota. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan pengawasan sejak kontainer pengangkut surat suara diterima di Pelabuhan Belawan, Medan, kemudian ditransitkan di salah satu perusahaan logistik di kawasan Tembung, Medan.

"Jumlah yang sudah dihitung sebanyak 808 koli yang terdiri dari surat suara DPR RI, DPRA dan DPRK empat Dapil. Sedangkan surat suara untuk DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden hingga saat ini belum dikirim dari Jakarta, namun berdasarkan informasi akan diterima di Medan antara hari Jumat dan Sabtu," ujar Zulkarnain.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.