10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Koalisi NGO HAM Aceh Apresiasi Pemulihan Hak Korban Pelanggaran HAM

...

  • portalsatu.com
  • 26 June 2020 06:45 WIB

Zulfikar Muhammad @aceh.tribunenews
Zulfikar Muhammad @aceh.tribunenews

Ini merupakan salah satu momentum yang sangat ditunggu-tunggu bagi relawan HAM di Aceh dan ini menunjukkan sebagai bentuk kehadiran negara yang diwakilkan oleh Pemerintah Aceh

BANDA ACEH -- Koalisi NGO HAM Aceh mengapresiasi Keputusan Gubernur Nomor: 330/1209/2020 tentang Penetapan Penerima Reparasi Mendesak Pemulihan Hak Korban Pelanggaran HAM.

Direktur Eksekutif Koalisi NGO HAM Aceh, Zulfikar Muhammad menilai itu sebagai kebijakan paling membahagiakan yang dapat memberi titik terang bagi korban dan keluarga korban pelanggaran HAM masa lalu di Aceh.

“Terbitnya kebijakan Plt Gubernur terkait upaya memenuhi hak korban untuk mendapat pemulihan tentu harus mendapat dukungan semua pihak terutama DPRA. Karena soal pemulihan mendesak adalah tindakan sejak lama dinanti masyarakat yang terkena dampak konflik perang lalu,” jelas Zulfikar Muhammad.

Zulfikar Muhammad menambahkan, pihaknya akan mendukung dan mengawal upaya pemulihan yang dilakukan pemerintah melalui Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) dan Badan Reintegrasi Aceh (BRA) agar dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku serta harapan masyarakat.

“Bentuk dari reparasi mendesak ini terdiri dari 5 hal, yakni medis, psikologis, modal usaha, jaminan hidup, dan status kependudukan serta diprioritaskan bagi korban usia lanjut. Ini merupakan salah satu momentum yang sangat ditunggu-tunggu bagi relawan HAM di Aceh dan ini menunjukkan sebagai bentuk kehadiran negara yang diwakilkan oleh Pemerintah Aceh,” tambahnya.

Selain itu kata Zulfikar Muhammad, keseriusan terhadap penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM dan pemulihan korban dan keluarga pelanggaran HAM masa lalu, harus benar-benar menjadi salah satu prioritas pemerintah Aceh sekarang.

“Jadi kami berharap kebijakan baik ini tidak hanya berhenti dalam kertas saja, tapi juga dapat terimplementasikan dengan baik di lapangan dalam tahun ini,” pungkasnya.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.