20 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Komisi VI DPRA Serahkan Draf Qanun Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika

...

  • portalsatu.com
  • 13 December 2018 22:00 WIB

@Khairul Anwar
@Khairul Anwar

BANDA ACEH - Ketua Komisi VI DPRA menyerahkan draft Rancangan Qanun Aceh tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika kepada Ketua DPRA Sulaiman, Kamis, 13 Desember 2018. Rancangan qanun ini selesai disempurnakan setelah diselenggarakan Rapat Dengar Pendapat Umum di Gedung Utama DPRA beberapa bulan lalu.

Ketua Komisi VI, Sulaiman Ali, mengatakan, tindakan rehabilitasi ditujukan kepada korban dari penyalahgunaan narkotika untuk memulihkan atau mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penderita yang bersangkutan. Selain untuk memulihkan, rehabilitasi juga sebagai pengobatan atau perawatan bagi para pecandu narkotika, agar para pecandu dapat sembuh dari kecanduannya terhadap narkotika, rehabilitasi yang dilakukan dapat berupa rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial.

“Rancangan qanun ini tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, baik dari Pemerintah Aceh dan Tenaga Ahli. Setelah penyerahan kepada Ketua DPRA untuk dijadwalkan pada tahapan selanjutnya yaitu masuk dalam agenda pembahasan sidang paripurna untuk disahkan menjadi Qanun Aceh,” katanya.

Dari rancangan qanun ini, katanya, diharapkan akan muncul antisipasi dini terhadap pencegahan, penanganan, rehabilitasi, pendanaan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika, dengan cara berkerja sama lintas organisasi maupun kemasyarakatan dan swasta, juga perguruan tinggi sekaligus lembaga sukarelawan.

Usai penyerahan itu, Ketua DPRA Sulaiman, berharap setelah diparipurnakan nanti, qanun itu harus ditegakkan untuk penyelamatan generasi muda dari narkoba. Sebab pengguna narkoba di Aceh kian banyak dan parah.

“Nantinya pecandu narkoba ada solusi dan dapat direhab, sehingga mereka nantinya normal kembali,” harapnya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.