20 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Komisi VII DPRA akan Panggil Plt. Gubernur Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 26 February 2019 14:30 WIB

 Ghufran Zainal Abidin. Foto Khairul Anwar
Ghufran Zainal Abidin. Foto Khairul Anwar

BANDA ACEH - Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), H. Ghufran Zainal Abidin, M.A., akan memanggil Plt. Gubernur Aceh terkait kisruh penunjukan Plt. Ketua Majelis Adat Aceh (MAA). Menurutnya, Plt. Ketua MAA yang ditunjuk oleh Plt. Gubernur Aceh tak tepat.

Baca juga: Plt. Gubernur Aceh Diadukan ke Ombudsman

Ghufran menilai kisruh di tubuh MAA itu terjadi karena tidak merujuk hasil Musyawarah Besar (Mubes) tahun 2018. “Yang namanya ketua biasa selalu dipilih, beda dengan kepala, kalau kepala kan ditunjuk,” kata Ketua Komisi membidangi Agama dan Kebudayaan itu, Selasa, 26 Februari 2019.

Menurut Ghufran, hasil Mubes MAA itu sah, tidak dapat digugat, apalagi Badruzzaman Ismail terpilih secara aklamasi. Namun, Plt. Gubernur Aceh mengambil sikap menunjuk Plt. Ketua MAA, Saidan Nafi. "Atas dasar apa?"

Ghufran meminta Plt. Gubernur Aceh bijaksana untuk menyikapi hasil Mubes MAA. Sehingga tidak ada yang dirugikan, apalagi MAA itu sebuah lembaga menyatukan adat Aceh.

Lihat pula: Ombudsman: Segera Selesaikan Sebelum Masalah MAA Bergulir Liar

DPRA akan duduk bersama sekaligus meminta klarifikasi terkait penunjukan Plt. Ketua MAA. “Kami duduk dulu membahas sekaligus menyurati Plt. Gubernur Aceh, atas dasar apa ditunjuk Plt? Kalau mau buat Pergub yang lama harus diubah,” tegasnya.[](Khairul Anwar)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.