08 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Simulasi Dampak Karhutla
Korban Asap Karhutla Berhasil Dievakuasi Muspika Penanggalan

...

  • SUDIRMAN
  • 06 October 2019 18:15 WIB

Simulasi dampak Karhutla oleh Polsek Penanggalan. Foto Sudirman/portalsatu
Simulasi dampak Karhutla oleh Polsek Penanggalan. Foto Sudirman/portalsatu

SUBULUSSALAM - Unsur Muspika Penanggalan berhasil mengevakuasi seorang warga yang menjadi korban diduga dampak asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di perbatasan Desa Cepu, Kecamatang Penanggalan, Kota Subulussalam dan PT Laot Bangko.

Adegan itu ditampilkan dalam simulasi dampak Karhutla yang prakarsai Polsek Penanggalan melibatkan unsur TNI, Muspika, dan pihak perusahaan, Ahad, 6 Oktober 2019. 

Dalam simulasi tersebut ditunjukkan, mulanya korban berusaha memadamkan api bersama rekannya tanpa pengamanan khusus seperti masker, sehingga korban tergeletak pingsan. Tidak berselang lama ambulans dan personel medis tiba di lokasi setelah pihak Polsek Penanggalan menghubungi Puskesmas terdekat dengan cepat.

Karena api semakin besar dan merambat ke lahan kering lainnya, pihak Polsek Penanggalan langsung meminta bantuan dari BPBD Kota Subulussalam untuk memadamkan “si jago merah” yang semakin dahsyat.

Dengan peralatan lengkap berselang 20 menit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Subulussalam dan personel serta unsur Muspika dan masyarakat  berjibaku melawan api dan akhirnya perlahan dapat dipadamkan.

Kapolsek Penanggalan, Iptu Syahril, mengatakan simulasi ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat dan perusahaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan bencana asap sebagaimana isu nasional yang marak terjadi.

"Tujuan simulasi ini agar pemerintah desa dan masyarakat serta perusahaan untuk sama-sama terus mengimbau kepada seluruh elemen untuk tidak membakar lahan dan menjaga hutan dari kebakaran," kata Syahril.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.