16 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Korban Kebakaran Butuh Bantuan Rumah Sementara

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 10 July 2018 21:00 WIB

Ketua Komisi D DPRK Aceh Utara, Tgk Mawardi serahkan bantuan tanggap darurat bagi korban kebakaran. @PORTALSATU.COM/CUT ISLAMANDA
Ketua Komisi D DPRK Aceh Utara, Tgk Mawardi serahkan bantuan tanggap darurat bagi korban kebakaran. @PORTALSATU.COM/CUT ISLAMANDA

Ketua Komisi D DPRK Aceh Utara :

LHOKSUKON – Masyarakat atau warga yang menjadi korban kebakaran sangat membutuhkan bantuan rumah tinggal sementara. Dalam hal ini, Komisi D DPRK Aceh Utara berharap Baitul Mal dan pemerintah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Aceh Utara bisa tanggap, seperti halnya yang dilakukan di Kota Langsa.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi D DPRK Aceh Utara, Tgk. Mawardi atau Tgk. Adek kepada portalsatu.com di sela-sela kunjungannya ke rumah korban kebakaran di Gampong Alue Eumpok, Kecamatan Lhoksukon, Selasa, 10 Juli 2018. Kata Tgk Adek, pihaknya bahkan telah melakukan studi banding ke Baitul Mal Langsa.

“Sebenarnya masalah bantuan rumah itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena musibah seperti ini. Kita selalu mengharapkan Baitul Mal dan Dinas Pemukiman Rakyat di Aceh Utara untuk menyediakan anggaran membuat rumah sementara, namun dalam hal ini belum mencapai suatu titik kesepakatan antara pemerintah dan legislatif,” ujar Tgk. Adek di lokasi.

Tgk. Adek mencontohkan, saat terjadi kebakaran di Kota Langsa, pihak Baitul Mal langsung turun dan membangun rumah sementara. Di sini, korban tidak akan merasa begitu kehilangan karena dalam waktu seminggu korban sudah bisa menempati rumah baru, walaupun belum begitu memuaskan.

“Meski hanya rumah sementara, setidaknya korban bisa memiliki tempat tinggal tanpa harus menumpang di rumah orang atau kerabat. Saya selalu sampaikan itu. Kita pernah studi banding ke Baitul Mal Langsa. Mungkin ke depan kita akan menekankan supaya bentuk kerja sama dalam sistem pembangunan tanggap darurat seperti ini harus ada di Aceh Utara. Karena dengan inilah kita menjawab tantangan masyarakat yang mengalami bencana,” ungkap Tgk. Adek.

Amatan portalsatu.com di lokasi, Tgk. Adek berkunjung sambil membawa bantuan dari Dinas Sosial Aceh Utara, di antaranya berupa beras, mintak goreng, beberapa helai tikar, sejumlah kain sarung dan kain batik panjang, baju daster, baju kaos, perlengkapan shalat, ikan kaleng dan lainnya.

“Kunjungan saya ini merupakan kegiatan sosial yang bekerja sama dengan Dinas Sosial. Bantuan yang diberikan ini merupakan tanggap darurat. Sementara musibah kebakaran itu terjadi Minggu, 8 Juli 2018 sekitar pukul 11.30 WIB. Rumah yang terbakar milik Abdullah, 37 tahun, pembuat kursi kayu di Gampong Alue Eumpok,” terang Tgk. Adek.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.