16 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Korsel Tertarik Investasi Waste Energy di Banda Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 11 October 2018 17:30 WIB

Pertemuan dengan tamu dari Korea. @istimewa
Pertemuan dengan tamu dari Korea. @istimewa

BANDA ACEH - Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pihak telah menyatakan tertarik untuk berinvestasi di bidang waste energy (pengolahan sampah menjadi energi) di Banda Aceh. 

Teranyar, PT Indah Baru Utama Energy (IBUE) yang berafiliasi dengan Hankook Bio Plant (HB & P) Co Ltd -perusahaan asal Korea Selatan juga menyatakan ketertarikannya.

Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dengan jajaran direksi PT IBUE dan HB & P di pendopo, Rabu, 10 Oktober 2018.

Direktur PT IBUE Lutfi Mulyana mengatakan, teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang ditawarkan pihaknya telah diterapkan di beberapa kota dan lokasi strategis di Korsel.

"Jika dapat kita realisasikan di Banda Aceh, ini akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya di Indonesia.Teknologi dan dananya kami siap," katanya seraya menyebut PLTSa berkapasitas 11,8 megawatt yang akan dibangun pihaknya bernilai investasi sekira Rp 1,5 triliun.

Lutfi memastikan, pembiayaan proyek ini secara penuh ditanggung oleh pihaknya. Dalam skema kerjasamanya nanti, Pemko Banda Aceh juga akan mendapatkan income. "Kami hanya perlu lahan seluas 15 hektar." 

Di sana, sambungnya, selain mesin pembangkit juga akan dibangun ruang terbuka yang terintegrasi dengan sistem pengolahan limbah yang ramah lingkungan.

Ia juga memastikan kandungan lokal 70 persen dalam proyek ini, termasuk tenaga kerjanya yang akan di-training terlebih dahulu. "Para pemulung yang ada di sekitar lokasi juga akan kami rekrut," imbuhnya. [] rel

Editor: Arman

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.