10 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


KOTAKU Bikin Pelatihan PKM Dihadiri Geuchik dan Camat

...

  • SUDIRMAN
  • 08 August 2018 15:45 WIB

@Sudirman/portalsatu.com
@Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Seratusan peserta terdiri dari kepala kampung (desa) dan camat serta Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat (PKM) diselenggarakan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Subulussalam di Hotel Hermes One, Rabu, 8 Agustus 2018.

"Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran peserta terkait pentingnya integrasi dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) yang dimiliki Program KOTAKU," kata Satria Tumangger, ketua panitia pelatihan kepada portalsatu.com di sela-sela acara tersebut.

Ia mengatakan, program KOTAKU berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan RKP milik desa serta renstra/renja kecamatan. Karena itu, kepala desa sebagai pucuk pimpinan di gampong harus memahami indikator keberhasilan penanganan kumuh. "Serta pentingnya kolaborasi dalam rangka penanganan kumuh di Kota Subulussalam," ungkap Satria.

Pelatihan ini dibuka Asisten II Setda Subulussalam Lidin Padang, S.H.,  mewakili wali kota menyampaikan KOTAKU adalah program pemerintah pusat tertuang dalam RPJM Nasional. Turut hadir Zulfikri dari Dinas Pemberdayaan Masyakarakat dan Kampung (DPMK) Kota Subulussalam.

Satria menyebutkan Wali Kota Subulussalam telah menetapkan wilayah kategori kumuh melalui Surat Keputusan Penetapan Kawasan Kumuh seluas 61,66 hektare tersebar di lima desa yakni Desa Subulussalam Utara, Lae Ikan, Suka Maju, Pasar Rundeng dan Desa Longkip. 

Ia menjelaskan, terdapat sebanyak 63 kegiatan infrastruktur seperti jalan lingkungan, drainase, MCK, sumur bor air bersih dan box culvert yang akan dikerjakan tahun 2018 di lima desa tersebut dengan total anggaran Rp6 miliar.

Pelatihan dua hari ini dipandu Korkot 07 Subulussalam Wijaya Setiadi, S.T., menampilkan tiga pemateri yakni Teuku Jaswadi, S.E. (membahas Peran Pemda sebagai Nahkoda), Edi Yurisman, S.T. (Membangun Kolaborasi) dan Baginda Nasution, S.H., M.M. (Review Perencanaan RPLP Integrasi dengan RPJMDesa dan Renstra Kecamatan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.