16 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Puluhan Kepala Daerah di Indonesia Sudah Diproses
KPK: Tugas Kita Bersama Menjaga Hak Rakyat Aceh Jangan Dikorupsi Pejabat

...

  • Rino
  • 09 July 2018 18:40 WIB

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. @ist/net
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. @ist/net

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, S.H., menegaskan, OTT di Aceh beserta penyidikan yang sedang dilakukan pihaknya saat ini, semata-mata merupakan proses hukum.

"Sejumlah pihak ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup atau minimal dua alat bukti. Jadi, mari kita ikuti bersama proses yang berjalan ini," kata Febri, dalam keterangannya diterima portalsatu.com, Senin, 9 Juli 2018, sore.

Menurut Febri, penindakan dilakukan KPK berdasarkan undang-undang berlaku di Indonesia. "Hal ini juga merupakan tugas kita bersama untuk menjaga agar hak-hak masyarakat, khususnya di Aceh agar tidak dirugikan akibat perilaku korupsi pejabat-pejabat tertentu," kata dia.

Febri menyebutkan, dalam melaksanakan tugas, pihaknya dipastikan bertindak profesional dan sesuai aturan hukum berlaku. Sejauh ini, kata dia, KPK sudah memproses puluhan kepala daerah yang diduga korupsi, di Indonesia.

"Sejauh ini, sekitar 97 kepala daerah telah kami proses dalam kasus dugaan korupsi. Semua pada akhirnya akan diuji di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi," ujar Febri.

Seperti diketahui, KPK menangkap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah, Ahmadi, dan dua orang dari swasta, Selasa, 3 Juli 2018. Irwandi diduga menerima suap dari Ahmadi Rp500 juta. Uang itu bagian dari Rp1,5 miliar yang diduga diminta Irwandi terkaitĀ feeĀ ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur bersumber dari DOKA 2018.

KPK juga melakukan pencegahan ke luar negeri terhadap empat orang selama enam bulan, terhitung 6 Juli 2018. Pencegahan itu, menurut Febri, untuk memudahkan KPK memeriksa keempatnya jika dibutuhkan keterangan dari mereka.

Kasus yang menimpa dua kepala daerah di Aceh itu menyita perhatian publik luas. Dukungan atas OTT KPK beriringan dengan munculnya kelompok yang melancarkan protes terhadap KPK.

Komunitas Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) melakukan aksi di depan Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Senin, 9 Juli 2018, mendesak KPK menangguhkan penahanan terhadap Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.