23 January 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kronologi Penangkapan Dua Terduga Pelaku Pembunuhan

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 11 January 2018 15:20 WIB

BANDA ACEH - Usaha Tim Jatanras Polda Aceh beserta Tim Jatanras Polresta Banda Aceh berhasil menangkap dua terduga pelaku pembunuhan sadis satu keluarga di Kota Banda Aceh.

Dibantu para personel dari tim gabungan Polda Sumatera Utara dan Polres Deli, dua orang yang diduga pelaku masing-masing berinisial R, 22 tahun dan S, 43 tahun, diringkus saat sedang berada di lantai 1, Kuala Namu Internasional Airport (KNIA), Rabu, 10 Januari 2018, sekitar pukul 18.00 WIB.

Kasatreskrim Polresta Banda Aceh, AKP M. Taufik, mengungkapkan, setelah ditemukan tiga mayat keturunan Tionghoa di dua rumah toko (ruko) kawasan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, pada Senin malam, 8 Januari 2018 lalu, pihak kepolisian terus melakukan penyidikan.

Sehari setelah penemuan mayat, Tim Jatanras Polda Aceh beserta Tim Jatanras Polresta Banda Aceh mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku sebelumnya berada di daerah Aceh Barat pada Selasa, 9 Januari 2018 lalu.

"Saat polisi sampai di lokasi (Meulaboh, Aceh Barat), pelaku diketahui telah melarikan diri ke Aceh Barat Daya (Abdya)," ungkap Kasatreskrim Polresta Banda.

Mendapat informasi buruannya mulai berpindah-pindah, polisi melanjutkan pengejaran hingga ke Abdya. Di Abdya pelaku berpindah-pindah lokasi. Ia pernah di Blang Pidie dan beberapa lokasi lainnya hingga terakhir pihak kepolisian mendapatkan informasi bahwa incarannya sudah berada di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan travel umum.

Pada Rabu, 10 Januari 2018, sekitar pukul 16.00 WIB, tim mendapat informasi bahwa terduga pelaku sedang berada di Bandara Internasional Kuala Namu, Sumut.

Mencegah buruannya kabur lagi, Tim Jatanras Polda Aceh beserta Tim Jatanras Polresta Banda Aceh kemudian mengambil inisiatif untuk meminta bantuan perwakilan Polda Aceh di Bandara Kuala Namu dan Polres Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sekitar pukul 18.00 WIB, kedua terduga pelaku R dan S, ditangkap Tim Gabungan Subdit III Jahtanras Polres Deli Serdang yang dipimpin Kasubdit III AKBP Marigan Simanjuntak dibantu Polda Sumut. Selanjutnya, keduanya dibawa ke Polres Deli Serdang untuk pengembangan dan penyelidikan.

Adapun identitas kedua pelaku masing-masing, R, 22 tahun, pekerjaan wiraswasta, warga Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Sedangkan S, 43 tahun, pekerjaan wiraswasta, warga Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh mengatakan, kedua pelaku rencananya hari ini akan dibawa dari Medan ke Banda Aceh dengan menggunakan pesawat. 

"Mudah-mudahan, setelah nanti pelaku dibawa pulang ke Banda Aceh, kita akan interograsi lebih dalam," ujar Humas Polda Aceh.

"Kita akan mencari tahu, sejauh mana modus operandi yang dilakukan oleh diduga pelaku," ujarnya lagi.[] (*sar)

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.