29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


KUA Blangpidie ‘Tolak’ Layani Calon Pengantin tak Pakai Masker

...

  • Fakhrurrazi
  • 02 September 2020 10:50 WIB

Masker untuk pengantin @google
Masker untuk pengantin @google

BLANGPIDIE --  Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), akan menolak melayani calon pengantin yang tidak mengenakan masker saat mengurus berkas proses pernikahan atau hendak melangsungkan pernikahan.

Hal itu disampaikan Ketua KUA Blangpidie, Khairul Huda, Senin, 1 September 2020. Menurutnya, proses pernikahan tetap dilaksanakan, tapi calon pengantin diharuskan pulang untuk mengambil masker terlebih dahulu. “Hanya saja, jika pasangam tersebut tidak menggunakan masker, KUA tidak bakal melayani," tegasnya.

Khairul menjelaskan, selama pandemi virus corona, kantor urusan agama yang dipimpinnya sudah pernah menolak bahkan tidak memproses pelaksanaan nikah calon pengantin karena tidak memakai masker.

"Pernah ada kejadian kita menyuruh calon pengantin pulang untuk mengambil masker, bukan tidak kita nikahkan. Tidak kami tunda juga pernikahannya, tapi kami menyuruh mereka pulang terlebih dahulu untuk mengambil masker, dan setelah itu balik lagi" jelasnya. 

Ketegasan itu diambil, lanjut Khairul, untuk menghindari mencegah penularan Covid-19 atau membentuk klaster baru. Apalagi kasus yang terkonfirmasi positif di Aceh saat ini terus bertambah. 

"Mohon ikuti protokoler kesehatan, karena persoalan virus ini kita tidak tahu. Kita bilang tidak ada, korban berjatuhan terus ada yang meninggal dunia. Jadi tidak boleh main-main. Jadikan masker itu bagian dari pakaian," lanjutnya.

Khairul juga tak menampik jika dirinya sedikit kewalahan saat acara akad nikah berlangsung di masjid. Dirinya mengaku sulit mengawasi masyarakat untuk menggunakan masker.

"Namun kami tidak bisa terlalu tegas, kalau warga yang mengerti mereka pulang ambil masker tapi yang tidak, itu susah tidak mungkin kita betengkar sama warga," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.