13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


''Kubang Kerbau'' di Ruas Jalan Keude Laweueng

...

  • ZAMAH SARI
  • 06 December 2017 18:40 WIB

SIGLI - Ruas jalan Kabupaten yang menghubungkan kota Kecamatan Muara Tiga Laweueng ke Gampong Cot, Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie mengalami kerusakan sangat parah. Di sepanjang ruas jalan bahkan terdapat lubang menganga, tak ubahnya kubangan kerbau saat musim hujan.

Sejumlah warga Kecamatan Muara Tiga menyoroti pemerintah setempat seperti ada unsur pembiaran jalan yang rusak. Pasalnya, rusaknya ruas jalan yang menjadi jalur akses utama para warga dari sejumlah gampong ke pasar Laweueng dan Pusat Kecamatan sudah berlangsung bilangan tahun. Namun, hingga kini tak kunjung diperbaiki.

Muliadi, salah seorang warga Gampong Teuku di Laweueng, kepada portalsatu.com, Rabu, 6 Desember 2017, mengatakan ruas jalan tersebut sudah rusak parah. Hampir di seluruh badan jalan terdapat lubang–lubang akibat terkelupasnya aspal. Di beberapa tempat  bahkan lubangnya besar sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

“Jika musim hujan seperti saat ini, sangat sulit kita lewati karena genangan air dalam lubang persis kubangan kerbau,” kata Muliadi.

Hal senada disampaikan Jumardi, warga lainnya. Menurut Jumardi, sejumlah pengendara sepeda motor terjatuh karena terperosok ke lubang saat melintasi jalan di malam hari. “Masa di zaman digital seperti ini kondisi jalan masih seperti bahelak,” ujarnya.

Warga sangat berharap pemerintah mau memberi perhatian sedikit terhadap mereka yang berada wilayah ujung pesisir. Mereka tidak menuntut banyak, hanya memohon infrastuktur jalan yang rusak diperbaiki kembali.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pidie, Thantawi, ketika dikonfirmasi portalsatu.com, Rabu, 6 Desember 2017, mengakui adanya kerusakan ruas jalan lintas pusat kota Kecamatan Muara Tiga dengan sejumlah gampong hingga Meunasah Cot. Namun, pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk peningkatan jalan tersebut.

“Insya Allah, anggaran sudah disetujui dan pekerjaannya akan dilaksanakan tahun anggaran 2018 mendatang,” kata Thantawi, sembari meminta masyarakat untuk bersabar menunggu proses selanjutnya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.