26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kukuhkan Hj. Mariani Harahap Sebagai Bunda PAUD, Ini Pesan Dyah Erti Idawati

...

  • SUDIRMAN
  • 19 November 2020 13:45 WIB

Bunda PAUD Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti  Idawati, M.T mengukuhkan Hj. Mariani Harahap, S.E sebagai Bunda PAUD Kota Subulussalam periode 2019-2024, di Aula PKK Kompleks Meuligoe Wali Kota Subulussalam, Kamis, 19 November 2020. @Sudirman
Bunda PAUD Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, M.T mengukuhkan Hj. Mariani Harahap, S.E sebagai Bunda PAUD Kota Subulussalam periode 2019-2024, di Aula PKK Kompleks Meuligoe Wali Kota Subulussalam, Kamis, 19 November 2020. @Sudirman

SUBULUSALAM - Bunda PAUD Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti  Idawati, M.T mengukuhkan Hj. Mariani Harahap, S.E sebagai Bunda PAUD Kota Subulussalam periode 2019-2024 berlangsung di Aula PKK Kompleks Meuligoe Wali Kota Subulussalam, Kamis, 19 November 2020.

Dyah Idawati dalam arahannya mengatakan keberadaan Bunda PAUD untuk membantu pertumbuhan anak baik secara jasmani maupun rohani. Hal ini untuk mempersiapkan mereka dalam mengikuti pendidikan formal. Karena itu, pemerintah memberikan perhatian khusus untuk peningkatan mutu pendidikan PAUD.

Istri Gubernur Aceh ini mengatakan, dalam program Aceh hebat 2017-2022 ada empat yang menyentuh langsung terhadap pendidikan anak usia dini yaitu Aceh Troe, Aceh Teuga, Aceh Carong dan Aceh Meuadab.

"Empat program prioritas ini berkaitan dengan pendidikan usia dini. Dengan demikian kita harapkan anak-anak kita menjadi generasi pimpinan-pimpian Aceh dalam menghadapi tantangan-tantangan sesuai perkembangannya," ungkap Dyah Erti Idawati.

Menurutnya, anak usia dini merupakan teknologi emas di mana masa itu sel-sel saraf anak mengalami perkembangan yang sangat cepat. Maka, kita harus memberikan perhatian khusus bagi mereka, salah satunya meningkatkan mutu pendidikan PAUD.

Dyah memaparkan bahwa dalam sebuah penelitian menyebutkan usia anak 0 sampai 6 bulan pertumbuhan otak anak mengalami perkembangan hingga 50 persen. Usia 2 tahun berkembangan 75 persen dan usia 5 tahun berkembang 90 persen.  Maka setelah itu hanya sedikit pertumbuhan otak anak.

"Kerena itu kita harus mengetahui bahwa pertumbuhan anak 0 sampai 6 tahun ini sangat penting disebut masa golden age (masa emas anak). Makanya di negara-negara maju menaruh perhatian besar pada pendidikan anak usia dini. Kita di Indonesia, khususnya Aceh juga harus menerapkan demikian. Untuk mempersiapkan generasi muda berkualitas yang siap sebagai penerus harapan bangsa," ucapnya menambahkan.

Karena itu, kehadiran Bunda PAUD yang ada di kab/kota diharapkan dapat mendorong percepatan peningkatan pendidikan PAUD dan melakukan pembinaan agar bisa mencapai target program 1 kampong 1 PAUD di seluruh Aceh, termasuk di Kota Subulussalam.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.