19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Laka Tunggal Cenderung Terjadi Saat Arus Balik, Ini Imbauan Kasat Lantas

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 19 June 2018 18:40 WIB

 Kasat Lantas Polres Aceh Utara, Iptu Sandy Titah Nugraha. @dok. portalsatu.com/Cut Islamanda
Kasat Lantas Polres Aceh Utara, Iptu Sandy Titah Nugraha. @dok. portalsatu.com/Cut Islamanda

LHOKSUKON - Puncak arus balik pemudik diperkirakan terjadi pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Selasa, 19 Juni 2018. Pemudik yang berkendara jauh diharapkan lebih berhati-hati karena arus balik rentan out of control atau lepas kendali sehingga berpotensi kecelakaan (laka) tunggal. 

Hal itu disampaikan Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, melalui Kasat Lantas Iptu Sandy Titah Nugraha kepada portalsatu.com via telepon seluler.

"Masyarakat khususnya pengendara yang lelah dalam perjalanan harap beristirahat jika kelelahan. Sopir yang lelah dan mengantuk itu sering terjadi di arus balik, karena selama lebaran kemungkinan besar kurang istirahat mengingat itu waktu berkumpul bersama keluarga dan juga waktu bersilaturahmi," ujar Sandy. 

Sandy melanjutkan, "Kecelakaan out of control atau laka tunggal itu cenderung terjadi di arus balik daripada saat arus mudik. Di arus mudik pengendara masih fit karena baru cuti dengan suasana happy, sementara di arus balik pengendara lelah dengan perjalanan jauh dan rentan mengantuk saat mengemudi yang mengakibatkan kendaraan ke luar dari jalur". 

Kasat Lantas Polres Aceh Utara itu mengatakan, pos pelayanan dan pengamanan lebaran akan selalu ada hingga berakhirnya Operasi Ketupat Rencong 2018 pada 24 Juni mendatang. 

"Pos kita selalu ada hingga 24 Juni nanti. Kita imbau pengendara atau pemudik yang melakukan perjalanan untuk pulang ke rumahnya masing-masing bisa singgah jika lelah. Puncak arus balik sebenarnya hari ini, karena besok mungkin masyarakat butuh waktu untuk istirahat atau bersih-bersih rumah sebelum kembali beraktivitas dan bekerja, mengingat kebanyakan kantor mulai aktif kembali pada 21 Juni. Kita juga mengimbau pengendara lebih berhati-hati di jalan raya, karena selain lalu lintas yang padat, di beberapa wilayah juga hujan," pungkas Sandy.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.