12 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Launching Smart City, Bintang Teleconference dengan Camat Longkib

...

  • SUDIRMAN
  • 15 October 2019 16:30 WIB

Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang sedang teleconfrence dengan Camat Longkib, Hal Haris saat launching smart city di Lapangan Beringin. Foto Sudirman/portalsatu
Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang sedang teleconfrence dengan Camat Longkib, Hal Haris saat launching smart city di Lapangan Beringin. Foto Sudirman/portalsatu

SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE melakukan uji coba teleconference dengan Camat Longkib, Hal Haris dan sejumlah kepala kampong yang sedang menyaksikan launching smart city dari Kantor Camat Longkib lewat perangkat smart city yang telah terpasang di sana.

"Assalamualaikum pak camat, apa kabar pak camat," kata Wali Kota Affan Alfian Bintang dari Lapangan Beringin melalui teleconference didampingi Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza, MAP dan unsur muspida usai launching smart city, Selasa, 15 Oktober 2019.

Camat Hal Haris beserta sejumlah kepala desa terlihat berada dalam satu ruangan di Kantor Camat Longkib tampak sedang menyaksikan Affan Alfian Bintang berbicara. Mereka pun langsung menjawab salam dari Wali Kota Subulussalam itu dan menyampaikan kabar baik.

Affan Alfian Bintang selanjutnya menanyakan tanggapan kepala desa dan masyarakat Longkib terhadap beroperasinya smart city lewat kerjasama dengan PT Indonesia Comnets (Icon) Plus SBU Aceh dan Sumatra Utara dan kerjasama dengan PT Pelabuhan Kuala Langsa dan Energi (PKLE).

Hal Haris menyampaikan masyarakat Longkib sangat mendukung program smart city sebagai sarana teknologi informasi, seperti yang terjadi hari ini, perangkat desa dapat menyaksikan langsung launching smart city di Lapangan Bringin.

Sebelum menutup pembicaraannya, dalam teleconfrence itu, Bintang juga mungundang camat beserta kepala desa agar mengikuti agenda rapat koordinasi antar kepala desa pukul 14:00 WIB di Gedung LPSE, Kompleks Perkantoran. 

Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza, MAP juga melakukan teleconference dengan  Camat Longkib. Ia menanyakan apakah semua kepala kampong hadir dalam nonton bareng di Kantor Camat Longkib menyaksikan launching smart city di Lapangan Beringin.

"Semua hadir pak wakil," jawab Hal Haris.

Salmaza langsung menimpali jawaban Hal Haris. "Tuhu da artinya betul itu," jawab Salmaza yang mengundang gelak tawa para undangan.

Smart city program andalan pemerintahan Bintang-Salmaza untuk mendukung sistem keuangan daerah secara transparan dan akuntabel, akhirnya terealisasi di 100 hari kerja Bintang-Salmaza sejak dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah pada 14 Mei 2019 lalu.

Program ini telah disusun secara partisipatif lewat MoU antara Pemerintah Kota Subulussalam dengan PT Indonesia Comnets (Icon) Plus SBU Aceh dan Sumatra Utara dan kerjasama dengan PT Pelabuhan Kuala Langsa dan Energi (PKLE) pada 29 Mei  2019 lalu.

"Hari ini smart city kita launchingkan, ini tonggak sejarah bagi Subulussalam di bidang pemanfaatan teknologi informasi," kata Bintang dalam sambutanya.

Wali Kota mengatakan tujuan utama program smart city untuk menciptakan pemerintahan responsif, efektif, efesien dan transparan, terjamin pelayanan keamanan dan akuntabel berbasis teknologi. Karena itu, seluruh kepala desa diingatkan, untuk menunjang program smart city hari ini telah diresmikan aplikasi sistem layanan keuangan desa secara online melalui program smart city.

Saat ini beberapa dinas telah terintegrasi jaringan smart city di antaranya kantor Camat Longkib, Camat Penanggalan, Kesbangpol, Kominfo, BPKD, dan uji coba pemasangan CCTV di Simpang Tugu Penanggalan dan Terminal Terpadu Kota Subulussalam.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.