21 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lawan Golput, KIP Aceh Lakukan Ini

...

  • Rino
  • 14 January 2019 21:00 WIB

Rakor KIP Aceh. @Istimewa
Rakor KIP Aceh. @Istimewa

ACEH - Golput (golongan putih) merujuk kepada mereka yang memiliki hak pilih tapi tidak menggunakan hak pilih saat pemilu. Istilah ini sudah muncul sejak 1971, sebagai bentuk protes mahasiswa terhadap pemilu di masa itu.

Fenomena golput merupakan masalah klasik yang masih dapat ditemui hingga saat ini. Pesimisme terhadap para calon baik eksekutif atau legislatif menjadi salah satu penyebab masih ada orang memilih menjadi golput.

Sebagian orang beranggapan ini tidak baik bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Karena itu, tidak sedikit yang mengharamkan golput. Hal ini mendorong Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh merekrut 'Relawan Demokrasi' untuk Pemilu 2019. Mereka yang terpilih, akan melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya memilih dan tidak golput.

"Program Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk peningkatan partisipasi dan kualitas pemilu dalam menggunakan hak pilih secara cerdas,” kata Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, kepada portalsatu.com, Senin, 14 Januari 2019, malam.

Selain itu, perekrutan bertujuan untuk memperluas peran masyarakat sebagai pioner demokrasi. Masyarakat menjadi mitra KIP selaku pelopor sosialisasi Pemilu 2019 berbasis komunitas strategis.

Kata Syamsul, penerimaan relawan demokrasi telah mulai dilakukan sejak 10 Januari lalu. KIP Aceh telah melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan KIP kabupaten/kota, Senin, 14 Januari 2019, guna menindaklanjuti program ini.

Para relawan mulai bekerja pada pekan keempat di bulan ini. Mereka akan diberi honor selama tiga bulan masa kerja, dan pembekalan serta disupervisi oleh KIP.

Kegiatan mereka adalah sosialisasi ke berbagai komunitas berbasis keluarga, pemilih pemula, perempuan, disabilitas, warganet dan komunitas lainnya," ujar Syamsul.

Proses perekrutan

Poses rekrutmen relawan berlangsung 10 - 17 Januari 2019. Yang ingin bergabung harus menyerahkan dokumen administrasi ke sekretariat KIP atau melalui laman resmi KIP yang sudah disediakan.

Program Relawan Demokrasi melibatkan 55 relawan dari kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis. 

Yakni, keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet.

Rekrutmen Relawan Demokrasi tak terlepas dari tingginya angka golput pada Pilkada Aceh 2017 lalu. Tingkat golput pada pemilu itu lebih 30 persen, atau hanya 67 persen yang menggunakan hak pilih.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.