13 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lhokseumawe Diselimuti Kabut Asap, TNI-Polri Bagikan Ribuan Masker

...

  • PORTALSATU
  • 23 September 2019 13:00 WIB

Foto: Fredi/Kodim Aceh Utara
Foto: Fredi/Kodim Aceh Utara
Foto: Fredi/Kodim Aceh Utara
Foto: Fredi/Kodim Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Kabut asap kembali menyelimuti wilayah Lhokseumawe, Senin, 23 September 2019. TNI dan Polri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan membagikan ribuan masker kepada para pengguna sepeda motor dan mobil, termasuk anak-anak sekolah di kota Lhokseumawe.  

Pantauan portalsatu.com, Senin pagi, kabut asap yang menyelimuti wilayah pusat kota Lhokseumawe kali ini lebih parah dibandingkan pekan lalu. Kabut asap diperkirakan kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah kawasan di Sumatera, itu mengganggu jarak pandang di semua lokasi pusat kota Lhokseumawe.

“Kabut asap cukup pekat, sehingga saya membawa kendaraan melaju pelan dan harus sangat hati-hati, karena jarak pandang terbatas, saat mengantar anak ke sekolah di kota Lhokseumawe (Kecamatan Banda Sakti),” kata Syurkan, warga Cunda, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

Keluhan sama disampaikan wali murid lainnya termasuk para pegawai Pemerintah Kota Lhokseumawe. Warga pengguna kendaraan merasa khawatir mengalami infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) dampak kabut asap tersebut.

Merespons kondisi tersebut, pihak Kodim 0103 Aceh Utara melalui Koramil Banda Sakti bekerja sama dengan Polsek Banda Sakti dan Dinas Kesehatan Lhokseumawe, membagikan masker kepada pengguna kendaraan di Simpang Empat Lampu Lalu Lintas, dekat Makoramil Banda Sakti.  Personel TNI-Polri dan piihak Dinkes juga memasangkan masker kepada anak-anak sekolah yang sedang mengikuti pelajaran olahraga di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe.  

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf. Agung Sukoco, melalui Danramil Banda Sakti, Kapten Inf. Ronny Mahendra, mengatakan Dinkes Lhokseumawe menyediakan sekitar 6000 masker, Koramil dan Polsek Banda Sakti masing-masing 700 dan 950 masker, yang dibagikan kepada masyarakat, Senin pagi menjelang siang tadi.  

“Kita membagikan masker gratis kepada masyarakat karena kita melihat cuaca yang kurang baik akibat kabut asap yang menyelimuti Lhokseumawe. Hasil pantauan di lapangan, kabut asap paling parah hari ini. Sebelumnya memang sudah menyelimuti wilayah Lhokseumawe, tapi tidak separah hari ini. Sebagai Muspika kita berupaya membantu masyarakat, termasuk anak-anak sekolah, kita berikan masker agar tidak mengalami gangguan kesehatan terutama Ispa,” ujar Ronny.   

Sebelumnya, personel TNI dari Kodim Aceh Utara juga membagikan masker kepada pengguna kendaraan yang melintasi Jalan Medan - Banda Aceh, depan Makoramil Muara Dua, kawasan Gampong Panggoi, Lhokseumawe, 18 September 2019 lalu.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.